Kota JogjaNews

BPJS Kesehatan – Pegadaian Hadirkan Gadai Peduli

0
gadai peduli
FOTO: Bobi V

STARJOGJA.COM. JOGJA – BPJS Kesehatan bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero) mengembangkan Produk Gadai dan Fasilitas Gadai Peduli. Program ini dalam rangka memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) untuk melunasi tunggakan iurannya,

Angga Dwi Ananta, Staff Keuangan dan Penagihan BPJS Kesehatan Cabang Sleman menyampaikan Fasilitas Gadai Peduli adalah pemberian diskon sewa modal hingga 100% pada Produk Pegadaian KCA Reguler selama 90 hari. Fasilitas ini hanya berlaku bagi nasabah baru Produk Pegadaian KCA Reguler.

“Dengan adanya kerja sama ini, kami berharap peserta JKN-KIS bisa lebih mudah melunasi kewajibannya membayar iuran JKN-KIS yang tertunggak. Langkah ini juga merupakan upaya kami dalam mengoptimalkan kolektabilitas iuran JKN-KIS segmen PBPU dan Bukan Pekerja,” jelasnya dalam Bincang Special Star Jogja FM.

Dijelaskannya, Peserta JKN-KIS yang hendak memanfaatkan layanan ini, bisa mengunjungi Kantor Pegadaian setempat dengan membawa KTP, kartu JKN-KIS, kode booking, dan barang berharga yang akan digadaikan. Selanjutnya, ia harus mengisi formulir program gadai yang disediakan oleh Pegadaian. Petugas Pegadaian akan menaksir nilai barang yang digadai peserta JKN-KIS tersebut. Hasil gadai tersebut kemudian digunakan langsung untuk membayar tunggakan iuran JKN-KIS.

” Apabila hasil gadai belum mencukup nilai tunggakan, maka peserta JKN-KIS harus memberikan setoran tambahan kepada petugas Pegadaian,” lanjutnya.

BPJS Kesehatan mengajak platform penggalangan dana WeCare.id bekerja sama untuk mengoptimalkan fitur donasi pada website BPJS maupun website dan aplikasi WeCare.id. Kerjasama tersebut diharapkan dapat memperluas cakupan peserta JKN-KIS serta meningkatkan kolektibilitas iuran terkhusus segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

” Program crowdfunding seperti ini bisa semakin meningkatkan jumlah masyarakat Indonesia yang memiliki perlindungan JKN-KIS,” tutupnya.

Bed RS untuk Pasien Covid-19 di Jogja Mengkhawatirkan

Previous article

Corona Naik, Candi Prambanan Ditutup Sabtu-Minggu

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja