Kota JogjaNews

Cegah Covid-19, Pemda Didorong Adopsi Teknologi Telekomunikasi

0
Teknologi Telekomunikasi

STARJOGJA.COM, JOGJA – Cegah Covid-19, Pemda Didorong Adopsi Teknologi Telekomunikasi. Pencegahan penularan covid-19 diharapkan bisa dilakukan dengan mengadopsi teknologi telekomunikasi. Salah satu kegunaannya adalah dimanfaatkan untuk memantau pergerakan masyarakat.

Anggota Komisi A Stevanus C Handoko mengemukakan bahwa teknologi telekomunikasi bisa dimanfaatkan secara mekasimal dan menjadi bagian dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Covid .

” Data Milik Operator Telekomunikasi bisa dipakai dalam proses penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Data yg mendekati real time dimiliki oleh operator telekomunikasi yaitu data LAC-ID ( Location Area Code ID ) yang melekat pada Smartphone,” jelasnya pada Program Bincang Parlemen Star Jogja FM.

Ia mengatakan dengan pemanfaatan data itu, maka data pergerakan masyarakat bisa terpantau secara cermat. Dengan demikian upaya pencegahannya secara ilmiah dapat lebih akurat bukan sekedar data sekunder / hasil survey pendataan manual.

” Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi harus lebih advance terlebih kita punya Perda nya juga,” lanjutnya.

Lebih jauh Steve menjelaskan data pergerakan, bisa menjadi bagian dari BigData yang harus diolah dan dianalytic segera untuk pengambilan keputusan yang tepat. Bukan mengacu pada data “Katanya” dan sekedar perkiraan.

” Data ini bisa menjelaskan latar belakang masyarakat yang tengah berwisata. Apakah mereka itu berasal dari zone hitam atau bukan. Itu bisa terlacak dengan akurat. Jadi bukan karena asumsi asumsi atau katanya,”tegasnya.

DENGARKAN SECARA LENGKAP :

Presiden Jokowi Dorong Ekosistem Mobil Listrik di Dalam Negeri

Previous article

Hadi Tjahjanto Doakan Panglima TNI Baru Andika Perkasa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja