News

Imigrasi Yogyakarta Kenalkan Sedulur Mas Karyo

0
Sedulur Mas Karyo
Sedulur Mas Karyo imigrasi yogyakarta

STARJOGJA.COM, Info –  Kantor Imigrasi TPI Kelas I TPI Yogyakarta, melakukan sosialisasi mengenai Aplikasi Monitoring Mahasiswa Asing Kantor Imigrasi Yogyakarta “Sedulur Mas Karyo”. Kepala Kantor Imigrasi TPI Kelas I Yogyakarta, Andry Indrady mengatakan bahwa aplikasi ini dikembangkan untuk mempermudah pihak Perguruan Tinggi dalam hal memberikan data dan keterangan untuk turut serta membantu Imigrasi dalam melakukan pengawasan mahasiswa asing baik keberadaannya maupun kegiatannya.

Mahasiswa asing yang belajar di Indonesia harus memiliki izin tinggal terbatas, dimana untuk mendapatkan izin tinggal tersebut mahasiswa harus memiliki sponsor atau penjamin yaitu pihak Perguruan Tinggi. Ketika pihak Perguruan Tinggi telah menjadi penjamin maka harus memahami kewajibannya sebagai penjamin sesuai dengan pasal 63 Undang-undang No. 6 tahun 2011 yaitu penjamin harus bertanggung jawab atas keberadaan dan kegiatan Orang Asing yang dijamin selama tinggal di Indonesia serta berkewajiban melaporkan setiap perubahan status sipil, status Keimigrasian dan perubahan alamat ” ujar Andry Rabu (1/12/2021).

Latar belakang dari terciptanya Aplikasi Monitoring Mahasiswa Asing Kantor Imigrasi Yogyakarta “Sedulur Mas Karyo” adalah meningkatnya permasalahan yang terjadi dengan Mahasiswa Asing, salah satu nya adalah Overstay.

Baca juga : Overstay, Imigrasi Yogyakarta Lakukan Deportasi Pada WNA

Oleh karena itu Kantor Imigrasi TPI Kelas I Yogyakarta merasa perlu adanya pengawasan Keimigrasian Berbasis Community Engagement, dimana keikutsertaan dan partisipasi masyarakat (Kampus) dalam peningkatan pelayanan publik serta pelaksanaan penegakan hukum seperti pengawasan terhadap mahasiswa asingnya.

Dengan ini maka diharapkan adanya saling keterbukaan dan komunikasi dua arah untuk memberikan masukan terkait dengan pengawasan mahasiswa asing secara terus menerus, selain itu diharapkan juga dengan kolaborasi ini maka pelanggaran-pelanggaran keimigrasian terhadap mahasiswa asing dapat dicegah.

Bayu

Ini Minuman Sehat yang Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Previous article

The outcomes Of Unable To Find Korean language Wife The moment Launching Your business

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News