Flash InfoHealth

Kenali Gejala Tumor Otak Sejak Dini

0
gejala tumor

STARJOGJA.COM, HEALTH – Kenali Gejala Tumor Otak Sejak Dini.  Mengenal tumor sejak dini sangat penting. Khususnya terkait dengan tanda awal dari penyakit yang gejalanya terkadang diabaikan.

dr. Kusumo Dananjoyo, M.Sc. Sp.S (K), Dosen Departemen Neurologi FK-KMK UGM/dokter RSUP dr.Sardjito mengatakan tumor otak adalah suatu massa atau benjolan yang tumbuh secara tidak normal di dalam otak. Benjolan ini dapat bersifat jinak maupun ganas.

“Sumbernya pun bisa berasal dari otak itu sendiri (tumor primer) maupun penyebaran dari bagian tubuh lainnya (tumor sekunder atau metastasis),” jelasnya.

Tumor yang asalnya berasal dari otak dikelompokkan menjadi beberapa jenis, Pengelompokan ini didasarkan atas asal selnya. Masing-masing jenis memiliki pola perkembangan dan prognosis pengobatan masing-masing.Kenali Gejala Tumor Otak Sejak Dini

Dr.dr. Rita Cempaka, Sp.PA(K) Dosen Departemen Neurologi FK-KMK UGM/dokter RSUP dr.Sardjito mengatakan Tumor otak dapat muncul akibat pertumbuhan sel abnormal pada otak itu sendiri (primer) atau disebabkan oleh penyebaran kanker dari organ tubuh lainnya (sekunder). Pada jenis primer, sel atau jaringan abnormal bisa berasal dari sel glia, meninges, kelenjar pituitari, kelenjar pineal, atau sel dan jaringan lainnya.

” Pada jenis sekunder atau metastatis, sel tumor bisa berasal dari bagian tubuh lainnya, seperti payudara, usus besar, paru-paru, ginjal, dan kulit. Penyebab munculnya penyakit tumor otak tersebut belum diketahui secara pasti,” lanjutnya.

dr.Kusumo menyampaikan sejumlah gejala yang harus diwaspadai, diantaranya Sakit kepala yang sering dan parah. Kejang, yang bisa terjadi seperti sentakan pada tangan, lengan, kaki, atau mungkin seluruh tubuh, terutama bila tidak pernah mengalami kejang sebelumnya.

” Waspadai juga soal Masalah penglihatan, seperti penglihatan kabur, penglihatan ganda, atau kehilangan penglihatan secara bertahap. Atau Kelemahan atau mati rasa pada satu sisi tubuh,”jelasnya.

Ada sejumlah langkah yang bisa diambil untuk penegakan tumor otak. Diantaranya dengan pemindaian otak melalui Pemeriksaan CT (CAT) scan atau MRI untuk melihat gambar otak dengan lebih jelas. PET scan pun mungkin perlu dijalani bila tumor yang Anda miliki diketahui berasal dari organ tubuh lain, seperti paru-paru.

Selain itu bisa juga dilakukan proses Angiogram otak.Tes ini melibatkan penggunaan pewarna dan sinar X dari pembuluh darah di otak. Hal ini untuk mencari tanda-tanda tumor atau pembuluh darah abnormal.

Rita menyarankan ada sejumlah langkah yang setidaknya mengurangi risiko terkena kanker otak .Diantaranya dengan Menghindari bahan makanan yang mengandung insektisida dan pestisida ,Menghindari zat karsinogen, Menjauhi rokok dan alkohol.

” Terapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan makan makanan sehat dan Menghindari paparan radiasi sebisa mungkin,” himbaunya.

Groundbreaking Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Pembebasan Lahan Seksi 1 Capai 92%

Previous article

Hari Terakhir Pameran Daulat & Ikhtiar di Benteng Vredeburg, Antusiasme Pengunjung Tinggi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info