Kab BantulNews

Salat Id di Gumuk Pasir Kembali Digelar

0
ucapan selamat idul fitri
Salat Idul Fitri di gumuk pasir Bantul (JIBI)

STARJOGJA.COM, BANTUL – Salat id di Gumuk Pasir, Parangkusumo akan kembali digelar tahun ini, setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Ketua LPCR PP Muhammadiyah Jamaludin Ahmad akan bertindak sebagai Imam dan Khotib.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Bantul Aidi Johansyah. Pelaksanaan kegiatan ini akan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Di Gumuk Pasir, Imam Khatib bapak Jamaludin dari PP [Muhammadiyah],” ungkapnya kepada Harian Jogja, Minggu (1/5/2022).

Kementerian Agama Bantul memberikan imbauan palaksanaan rangkaian kegiatan Idulfitri 2022. Ketentuan pelaksanaan salat ini di antaranya, terdapat penanggungjawab atau panitia di setiap lokasi pelaksanaan.

Menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Kemudian materi khutbah tidak digunakan untuk kepentingan politik praktis dan terhindar dari hal yang menyebabkan masyarakat menjadi tidak harmonis.

“Pelaksanaan takbir disesuaikan dengan kebijakan masing-masing daerah,” tulis imbauan.

Salah satu warga di sekitar Gumuk Pasir Paino, 47, mengaku senang akan ada salat id di Gumuk Pasir lagi. Dia mengaku memang selalu melaksanakan salat Id di Gumuk Pasir.

“Saya aslinya daerah sini. Saya salat Id di sini. Ya bahagia [ada salat Id di Gumuk Pasir] campur macam-macam [rasanya],” ucapnya kepada Harian Jogja ditemui di sekitar Gumuk Pasir, Sabtu (30/4/2022).

Menurutnya antusiasme salat Id di Gumuk Pasir tidak hanya dari warga sekitar. Bahkan warga dari Gunungkidul juga datang untuk salat di Gumuk Pasir.

“Dulu [2019] masih mudik dari Jakarta dari mana salat di sini. Dari Gunungkidul juga salat di sini,” tuturnya.

H-1 Lebaran, Nyaris 1 Juta Kendaraan Keluar Masuk DIY

Previous article

Waspadai dan cegah penipuan online selama Lebaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul