Flash InfoHealth

Ini Cara Memiliki Kulit Sehat Alami Dengan Perawatan Herbal

0
kulit sehat
FOTO : Avrilia

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kulit sehat cantik alami menjadi dambaan setiap orang. Di samping itu, banyak juga orang yang mengalami permasalah kulit, seperti kulit kering, kusam, flek hitam dan masih banyak lagi.

Dosen Farmasi Universitas Ahmad Dahlan, Hardi Astuti Witasari menyebut dari pengamatan dan studi, permintaan masyarakat Indonesia akan kosmetik saat ini masih memprioritaskan pada efek yang instan tanpa melihat efek sampingnya.

Oleh karena itu, kita beranggapan bahwa kampanye memasyarakatkan produk-produk kosmetik alami ini masih menjadi tugas kita,“ ujarnya.

Kulit merupakan organ pelindung atau bagian terluar tubuh yang bersinggungan langsung dengan udara yang sudah tercemar, dan sinar matahari dengan intensitas tinggi. Meskipun begitu, Harus ada keseimbangan dalam beraktivitas di luar ruangan dan di dalam ruangan.

Kulit sehat juga memerlukan waktu untuk istihrahat, jadi pelindung tadi perlu dibersihkan ketika di dalam ruangan dan diganti dengan nutrisi-nutrisi yang mengandung antioksidan sehingga menjadi waktu istirahat bagi kulit kita,” ujarnya

Ia juga mengatakan, kita harus bisa memelihara dan memproteksi diri dari sinar matahari dan polusi, sehingga perlu dilapisi dengan beberapa produk kosmetik.

Namun pemilihannya harus cermat, ada beberapa bahan yang harus diperhatikan karena mungkin berbahaya. Kini kesadaran masyarakat mulai timbul dengan memilih kosmetik dengan bahan bahan yang alami,” kata Hardi Astuti.

Dari hasil penelitan, produk kosmetik berbahan minyak ashiri, adible oil dan minyak-minyak dari tanaman yang lainnya bagus untuk kulit. Sementara ini, produk-produk rumah yang sederhana seperti kulit jeruk yang diblender, dan minyak dapat dioleskan pada saat istirahat, ini dapat menjadi antioksidan bagi kulit.

Selain itu, kita harus memperhatikan pengawet dalam kosmetik, bahan alam akan mudah ditumbuhi oleh bakteri dan kestabilannya tidak panjang sehingga oleh industri farmasi menambahkan beberapa bahan pengawet yang diizinkan oleh BPOM.

Namun kembali lagi ke sensitifitas kulit yang berbeda-beda, kita harus memilih bahan bahan yang cocok dengan kulit kita,”

Yang harus diperhatikan dalam memilih kosmetik harus disesuaikan dengan keadaan kulit, namun secara umum bahan-bahan dengan antioksidan tinggi ini bagus untuk kulit seperti bahan alam yang mengandung vitamin C. Dan bahan alam yang memiliki warna sebagai indikator dari alam, bahwa bahan tersebut memiliki pigmen warna yang dapat menangkal bahaya radikal bebas.

Hardi Astuti menambahkan bahwa tidak semua bahan herbal itu aman bagi kulit, kembali sesuai dengan kondisi kulit masing-masing.

Mungkin sebagian besar aman-aman saja untuk dipakai, namun tambahan lain seperti bahan pewangi dapat menimbulkan efek alergi bagi beberapa pemakainya. Semoga kita bijaksana dalam memilih kosmetik yang cocok bagi kulit kita,” imbuh Hardi.

Antisipasi Erupsi Gunung Merapi, UKM Madawirna Ajarkan Kesiapsiagaan Bencana Pada Siswa SD

Previous article

Indonesian Masters Kembali Digelar Dengan Rekor Hadiah Dan Dukungan International Series

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info