NewsNusantara

Sultan Perkirakan Pembangunan Tol di DIY Tak Rampung 2024

0
Tol Jogja YIA bantul
groundbreaking tol yogyakarta bawen (jasa marga)

STARJOGJA.COM, JAKARTA – Sultan Perkirakan Pembangunan Tol di DIY Tak Rampung 2024. Hal ini disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X usai dilantik presiden di Jakarta.

Sultan menyampaikan infrastruktur menjadi salah satu perhatian dalam lima tahun ke depan untuk membangun konektivitas antarwilayah di DIY. Salah satunya keberadaan tol yang akan melintas di wilayah DIY yang diperkirakan belum selesai di 2024.

Sultan mengatakan pembangunan tol di wilayah DIY saat ini terus berproses untuk pembebasan lahan terutama pada ruas Jogja-Solo dan Jogja-Bawen. Akan tetapi pembangunan tol di DIY kemungkinan tidak sesuai dengan harapan Pemerintah Pusat yang ditargetkan rampung pada 2024 mendatang.

“Jalan tol berjalan, dalam arti pembebasan, tidak mungkin seperti harapan Pusat bahwa selesai di 2024, Tol Jogja-Solo-Borobudur tidak mungkin selesai. Karena sempat terhenti [akibat pandemi], sekarang sudah mulai lagi, yang penting bagi saya pembebasan sudah mulai dilakukan,” katanya kepada wartawan seusai pelantikan di Istana Negara, Senin (10/10/2022).

Sultan mengatakan tidak sesuainya target penyelesaian pembangunan tol itu bukan berarti ada persoalan. Selama ini progres pembangunan berjalan dengan baik. Dia memperkirakan, pada 2024 mendatang pembangunan baru sampai pada ruas tol Jogja-Solo.

“Begitu ada uang silakan kalau dibangun, sehingga 2024 diperkirakan baru sampai di perbatasan Jogja dari solo, sehingga harapan saya di Jogja tidak mungkin selesai 2024, tetapi sepertinya tidak ada hambatan,” ucapnya.

Saat prioritas penyelesaian pembangunan pada ruas Jogja-Solo dan Jogja-Bawen yang masih dalam proses penyelesaian pembebasan lahan. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan ruas tol Jogja-YIA Kulonprogo yang saat ini dalam proses menuju sosialisasi ke masyarakat dan persiapan penerbitan izin penetapan lokasi (IPL).

“Itu program kedua, prioritas dari Solo-Jogja, Jogja-Borobudur, tol kedua begitu selesai Solo-Jogja nanti yang Ring Road baru diperpanjang untuk ke Kulonprogo sampai Cilacap, karena sekarang pekerjaan dari Bandung-Cilacap juga baru dikerjakan. Enggak ada masalah karena prioritasnya Jogja-Solo dulu, baru bisa diperpanjang nanti,” katanya.

Kepala Bappeda DIY, Beny Suharsono menyatakan infrastruktur menjadi salah satu prioritas DIY lima tahun ke depan sebagai upaya meningkatkan pelayanan dasar masyarakat terutama di wilayah selatan DIY.

THE 1O1 Yogyakarta Tugu Hadirkan Art Music Festival 2022

Previous article

Pemkot Jogja Serius Eliminasi Penularan ATM

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News