Flash Info

BPOM Pastikan Obat Sirup Paracetamol Gambia Tidak Terdaftar di Indonesia

0
paracetamol gambia
Badan Pengawas Obat dan Makanan

STARJOGJA.COM, Info –  Setidaknya 66 anak di Gambia, Afrika Barat, dilaporkan meninggal dunia usai mengkonsumsi obat batuk sirup mengandung paracetamol. Terkait obat sirup mengandung paracetamol diduga picu kematian anak di Gambia itu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI memastikan empat produk obat batuk sirup itu tidak terdaftar di Indonesia.

“Terhadap keempat produk yang diberitakan di Gambia, BPOM telah melakukan penelusuran data dan diketahui bahwa keempat produk tersebut tidak terdaftar di Indonesia,” demikian keterangan resmi BPOM yang dikonfirmasi melalui Humas BPOM RI di Jakarta, Selasa.

Melalui keterangan tersebut, BPOM terus melakukan pengawasan secara komprehensif pre market dan post market dari peredaran produk tersebut di Indonesia.

“BPOM terus melakukan pengawasan rutin terhadap produk obat yang beredar,” katanya.

 
Baca juga : Isu Parasetamol Bervirus Pakar UGM Jelaskan Faktanya

Keempat produk obat batuk sirup tersebut di antaranya Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup, dan Magrip N Cold Syrup.

Direktur Pelayanan Kesehatan Gambia Mustapha Bittaye menyatakan telah menarik penjualan obat-obat tersebut dari pasaran karena insiden itu.

Pemerintah setempat juga melakukan penyelidikan setelah terjadinya lonjakan kasus cedera ginjal akut pada anak-anak di bawah usia lima tahun sejak akhir Juli 2022.

Kelompok anak yang meninggal dunia akibat hal itu diketahui mengalami sejumlah gejala, seperti sulit buang air kecil, demam, muntah, dan gagal ginjal.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam pernyataan resminya telah mengeluarkan peringatan global untuk empat sirup obat batuk yang diduga berkaitan dengan kematian 66 anak di Gambia.

Menurut WHO, keempat obat itu diproduksi oleh perusahaan India, Maiden Pharmaceuticals, yang diduga tidak memiliki jaminan keamanan produk.

Analisa laboratorium dari sampel empat produk menunjukkan bahwa semua obat batuk sirup tersebut mengandung dietilen glikol dan etilen glikol sebagai kontaminan yang jumlahnya melebihi batas aman.

Sumber : Antara

Bayu

Yuk Cek! Ini Jadwal Pemadaman Listrik Wilayah Yogyakarta Tanggal 12 Oktober 2022

Previous article

Tom Cruise Akan Syuting Film Di Luar Angkasa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info