News

Jaga Kenyamanan Sesama Penumpang, Simak Kembali Aturan Barang Bawaan di KA

0
Aturan Barang Bawaan KA
Ilustrasi penumpang kereta api (Sumber : Freepik)

STARJOGJA.COM, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta mengingatkan kembali kepada calon penumpang kereta api (KA) jarak jauh untuk menaati aturan terkait barang bawaan.  Himbauan ini agar tercipta perjalanan yang nyaman bagi semua penumpang.

“Setiap penumpang perlu memperhatikan barang yang akan dibawa. KAI telah memberlakukan aturan mengenai barang bawaan (bagasi) yang boleh dibawa masuk ke dalam kereta api,” kata Manajer Humas Daop 6, Franoto Wibowo.

Adapun aturan barang bawaan yang diterapkan adalah setiap pelanggan diperbolehkan membawa bagasi ke dalam KA dengan berat maksimum bagi tiap penumpang 20 kg. Volume maksimum 100 dm3 dengan ukuran dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm. Serta sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 koli (item bagasi).

Baca juga : Pengamat Transportasi : Subsidi Angkutan Barang Perlu Ditambah

Bawa secukupnya

Franoto Wibowo mengimbau agar penumpang KA membawa barang secukupnya dan usahakan berada dalam satu tempat. Misalnya koper atau ransel.

Terkait peletakan barang bawaan juga terdapat ketentuan yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah barang ditempatkan pada rak di atas tempat duduk dengan benar. Atau ditempatkan di area lainnya sehingga tidak mengganggu atau membahayakan sesama pelanggan serta tidak akan menimbulkan kerusakan pada kereta.

Selanjutnya bagi penumpang yang ingin membawa sepeda, KAI juga telah menerapkan aturan terkait jenis sepeda yang boleh dibawa ke dalam kereta api.

Jenis sepeda yang diperbolehkan naik adalah hanya sepeda lipat dengan ketentuan berat maksimal 20 kg dan ukuran roda maksimal 22 inci. Sepeda yang dilipat juga harus masuk dalam dimensi maksimal 100 cm x 40 cm x 30 cm.

“Sejumlah aturan terkait barang bawaan tersebut diterapkan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan penumpang selama perjalanan kereta api,” pungkas Franoto.

Sumber : Humas KAI Daop 6 Yogyakarta

Digitalisasi Lewat QRIS, Kemudahan Transaksi untuk Semua

Previous article

Pilihan Sunscreen Untuk Kulitmu

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News