Lifestyle

Menurut Survei, Ini Alasan Orang-orang Masih Membaca Novel Berlabel 18+

0
Novel 18+

STARJOGJA.COM – Novel dengan label 18+ masih banyak diminati oleh pembaca. Terbukti dengan masih banyaknya buku-buku berlabel 18+ yang tersedia di platform baca digital dengan jumlah pembaca yang tidak sedikit.

Seperti dalam survei  Cabaca dan Jakpat beberapa waktu lalu, dalam survei bertajuk “Tentang Novel Dewasa” yang melibatkan 252 responden menunjukkan jika 94,84% mengakui pernah membaca novel dewasa, dan sebesar 5,16% mengakui belum pernah membaca novel dewasa. Selain itu, sebesar 82,14% setuju jika novel dewasa tidak harus mengandung adegan seksual atau adegan hubungan intim.

Lebih lanjut para responden memberikan pemahaman mereka mengenai novel dewasa selain mencangkup akan penggambaran tentang adegan seksual. Responden berpendapat jika novel dewasa adalah novel yang mengandung pemahaman dan realitas(bukan membahas soal seksualitas semata).

Baca Juga : Apoterker Punya Peran Strategi Jaga Kesehatan Masyarakat

Genre Bacaan 

“Genre popular di suatu negara kadang juga mencerminkan ‘struggle’ di masyarakatnya. Contohnya di Jepang genre ‘isekai’ itu pernah sangat populer karena masyarakatnya merasa ‘terkurung’ dalam kehidupan monoton yang setiap hari harus bekerja atau sekolah sampai malam hari. Genre Isekai hadir sebagai bentuk ‘pelarian’ dari kehidupan nyata yang monoton tadi.” Ujarnya saat wawancara secara daring pada (03/11/2022).

Lebih lanjut, Citra menjelaskan jika hal-hal yang termasuk adult content (18+) selain seks, pada dasarnya itu konten yang belum sesuai untuk menjadi tayangan anak-anak di bawah umur. Misalnya: nudity, kekerasan (dalam genre crime atau thriller. Hal ini dapat mempengaruhi psikologi anak yang belum cukup usia), bahasa yang vulgar, dan lain-lain.

Selain itu, Fatimah Azzahrah, Co-Founder Cabaca, menjelaskan “Platform tetap punya kewajiban ya untuk memberi edukasi atau minimal warning pada setiap konten. Selebihnya, setelah itu seharusnya tetap kembali lagi pada kebijaksanaan pembaca maupun penikmat konten itu sendiri,” pungkasnya (03/11/2022). (Maylin Angelica)

Sumber : Cabaca.id

 

Atur Keluarga Berencana dengan KB Kekinian

Previous article

BMKG DIY Prediksi Hujan Tiga Hari Kedepan 

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle