FeaturegaleryKota JogjaNews

Dispertaru Sleman Siap Wujudkan Tata Ruang Berkualitas dan Tangguh

0
tata ruang sleman
FOTO : Sifa

STARJOGJA.COM, JOGJA. Dispertaru Sleman Siap Wujudkan Tata Ruang Berkualitas dan Tangguh. Pembangunan tata ruang sangat penting bagi suatu daerah. Karena pembangunan dan tata ruang berpengaruh terhadap banyak aspek.

Mirza Anfasury, S.T., M.T., Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman,saat berbincang di Star FM Selasa (8/11) , mengatakan pembangunan tata ruang di sebuah daerah berpengaruh pada banyak hal, seperti pendidikan, perdagangan, industry dan lain sebagainya

Tata ruang sendiri merupakan suatu sistem proses perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian pemanfaatan ruang. Perencanaan tata ruang sendiri diatur di dalam Rencana Tata Ruang Wilayah yang dimiliki setiap daerah.

“Rencana Tata Ruang Wilayah atau RTRW merupakan arahan dalam memanfaatkan ruang di suatu wilayah. Jadi bagaimana tata ruang suatu wilayah dan pemanfaatan wilayah ada landasannya yaitu di RTRW,” terang Mirza kemudian.

Di dalam RTRW Kabupaten Sleman sendiri terbagi menjadi 4 wilayah. Wilayah-wilayah tersebut adalah Sleman Tengah, Sleman Timur, Sleman Barat dan Sleman Utara.

“Sleman tengah sendiri merupakan Kawasan urban, fokusnya Pendidikan, perdagangan dan industry. Sleman Timur berfokus pada periwisata dan budaya. Di Sleman Utara kita focus pada penanggulangan bencana dan Sleman Barat berfokus pada pertanian,” lanjutnya.

Selain pembagian ini Kabupaten Sleman juga berfokus pada Kawasan strategis yang dimilikinya. Kawasan strategis yang dimaksud adalah kawasan strategis dari sudut kepentingan sosial budaya dan kawasan strategis dari sudut kepentingan pertumbuhan ekonomi.

Dari berbagai rencana dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Sleman tersebut masih banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya.

“Kesadaran tata ruang sendiri perlu diketahui setiap masyarakat. Karena setiap adanaya rencana tata ruang semua pihak akan ikut terlibat. Peran masyarakat juga dibutuhkan untuk meewujudkan ruang yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan,”sambungnya.

Kesadaran masyarakat inilah yang dapat meningkatkan tata ruang dan RTRW Kabupaten Sleman akan menjadi lebih efektif untuk dilakukan.

“RTRW sangat penting bagi pembangunan. Masyarakat harus tau untuk lebih cerdas dan melek akan pembangunan daerah. Mari kita bersama sama mewujudkan Kabupaten Sleman menjadi lebih berkualitas dan unggul dimulai dari RTRW yang terwujud,” pungkasnya.

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) setiap tanggal 8 November juga menjadi momentum untuk mengkampanyekan penataan ruang kepada masyarakat. Salah satu hal dasar yang perlu diwujudkan adalah dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) agar Kabupaten Sleman menjadi ruang wilayah yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan.

“Cara mengakses informasi tata ruang secara mandiri bisa melalui website https://simtaru.slemankab.go.id/ dangan mengetik koordinat lokasi. Selain itu pelayanan tata ruang dilakukan melalui whatsapp di nomor 081214504224 dengan mengirimkan foto KTP dan titik koordinat,” tutupnya.

Simak talkshow lengkapnya di link berikut :

 

PENULIS : Maylin Angelica

Hujan Lebat, BMKG Peringatkan Cuaca Hari Ini

Previous article

Tiket Nataru 2022/2023 Bisa Dibeli Mulai 7 November

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature