Lifestyle

Makanan Sehat Investasi Masa Depan Si Kecil

0
anak susah makan

STARJOGJA.COM – Makanan sehat untuk anak merupakan suatu investasi masa depan bagi anak. Makanan sehat sedari dini dapat bermanfaat sepanjang hidupnya.

Medical & Scientific Affairs Danone Indonesia Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK mengatakan bahwa makanan sehat sedari kecil berpengaruh pada masa yang akan datang.

“Makanan bervariasi yang biasa dari kecil jadi modal awal seorang anak. Setelah balita dia punya preferensi dalam memilih makanan yang lebih bergizi di kemudian hari,” jelas Ray dalam webinar.

Memberikan makanan yang sehat dan bergizi secara bervariasi penting orangtua lakukan, sebab itu akan berhubungan dengan keputusan memilih makanan sehat saat anak beranjak dewasa.

Baca Juga : Khasiat Temulawak Untuk Skincare Wajah

Ray mengatakan memberikan makanan kepada anak bukan sekadar menyodorkan makanan dan mengisi perut buah hati.

Aktivitas tersebut dapat menambah aspek edukasi lain, seperti “bonding” lewat kontak fisik, kontak mata, juga mengajari nilai-nilai baik dengan menyelipkan pesan-pesan positif yang akan terekam dan diimplementasikan oleh anak.

Orangtua dapat menerapkan pedoman prinsip “Isi Piringku” yang mengandung gizi seimbang. Pedoman Isi Piringku mengacu pada konsumsi pembagian piring makan menjadi 2/3 makanan pokok, 1/3 lauk pauk, 2/3 sayur dan 1/3 buah.

Pemenuhan bahan baku pangan dengan pedoman “Isi Piringku” juga bisa  dengan versifikasi pangan yakni konsumsi pangan lokal yang tersedia di lingkungan sekitar. Eksplorasi bahan makanan lokal, termasuk cara pengolahan, untuk akses yang berkesinambungan.

Pakar ekonomi kesehatan dari Ikatan Ekonomi Kesehatan Indonesia, Mutia A. Sayekti S.Gz., MHEcon mengatakan setiap daerah memiliki pangan lokal yang berbeda-beda, namun karena ketidaktahuan, masyarakat jarang memanfaatkannya.

Daftar Bahan Makanan Penukar (DBMP) dapat menjadi salah satu referensi dalam memaksimalkan pemanfaatan pangan lokal, yaitu dengan mencari alternatif pangan yang mengandung nutrisi yang kurang lebih sama dengan pangan yang biasa terkonsumsi. (Maylin Angelica)

Sumber : Antara

 

Tiket Nataru 2022/2023 Bisa Dibeli Mulai 7 November

Previous article

Prilly Latuconsina Menjadi Dosen Praktisi UGM

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle