News

Peresmian Masjid Sheikh Zayed, Hadiah Uni Emirat Arab

0
Masjid Sheikh Zayed
Masjid Sheikh Zayed (Foto : iNEWS Jateng

STARJOGJA.COM – Megah, cemerlang dan unik merupakan kesan pertama yang akan anda daptkan ketika mengunjungi Masjid Sheikh Zayed Solo. Masjid yang baru saja resmi berdiri ini menjadi tren center karena ciri khas timur tengah yang dimilikinya.

Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab Mohammed Bin Zayed Al Nahyan MBZ melakukan peresmian masjid ini.

Masjid Sheikh Zayed

Masjid Sheikh Zayed sendiri merupakan masjid hibah dari Presiden Uni Emirat Arab untuk Presiden Joko Widodo.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Dr. H. Adib, mengatakan Masjid Raya Sheikh Zayed yang ada di Solo ini merupakan miniatur Masjid Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Masjid tersebut berdiri di atas lahan seluas 3 hektare dengan kapasitas sekitar 10 ribu Jemaah.

“Ini adalah merupakan hibah atau hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab untuk Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo,” ujar Adib dalam keterangan tertulis di Sekretariat Presiden.

Adib juga mengatakan bahwa masjid tersebut nantinya akan dikelola oleh Badan Pengelola Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang terbentuk oleh pemerintah melalui Kementerian Agama dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Agama.

Wisata Religi Solo Terbaru

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Senin (14/11) mengatakan masjid Sheikh Zayed ini akan menjadi ikon baru wisata religi di Solo. Menurut putra sulung Presiden Jokowi ini, masjid akan buka untuk umum kegiatan keagamaan dan dalam waktu dekat agenda Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo.

“Ini belum bisa beroperasi, masih finishing. Warga harap bersabar. Dalam waktu dekat pekan ini, Muktamar Muhammadiyah, masjid ini bisa beroperasi secepatnya. Kalau pembangunannya sih sudah selesai, tinggal finishing sedikit. Ya ke depan bisa beroperasi untuk kegiatan harian misalnya salat, tabligh akbar, sholat id, sholawatan, dan lainnya”, jelas Gibran.

Biaya Pembangunan Masjid

Masjid Sheikh Zayed menelan biaya pembangunan sekitar Rp 278 miliar. Ada beragam fasilitas yang dibangun, antara lain ruang utama, ruang samping, halaman masjid, perpustakaan, basement, kantor pengelola masjid hingga ruang VIP.available

Peresmian Masjid Sheikh Zayed

Menjelang peresmian masjid, Kementerian Agama melantik para pengelola masjid Sheikh Zayed yang meliputi imam besar beserta pengurus masjid.

Prasasti dengan Tiga Bahasa Presiden Joko Widodo bersama Presiden Uni Emirat Arab UEA Mohammed Bin Zayed Al Nahyan MBZ meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo itu di sela-sela perhelatan akbar KTT G20. Keduanya terbang ke Solo setelah Subuh, dan tiba di Solo sekitar pukul 6 pagi.

Baca Juga : Physician Network, Inovasi Medical Tourism Indonesia

Keduanya langsung salat tahiyatul masjid dua rakaat setibanya di masjid itu.  Berlanjut menandatangani prasasti tanda peresmian masjid dan menanam pohon Sala di halaman masjid itu. Setelah meninjau arsitektur dan sarana yang ada di masjid, keduanya foto bersama dengan para tamu dan delegasi di halaman depan.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Dubes Indonesia untuk PEA Husin Bagis, Dubes PEA untuk Indonesia Abdulla Salem Aldhaheri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Tampak pula putri mantan Presiden Indonesia Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid. (Maylin Angelica)

Sumber : VOC Indonesia

 

Jin BTS Segera Masuki Unit Militer Garis Depan

Previous article

Pesan Sultan tentang Budaya, Belajar Budaya Lain 

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News