Kota JogjaNews

Gelar Potensi Pertanian Dorong Ketahanan Pangan Lokal

0
Gelar Potensi Pertanian

STARJOGJA.COM, JOGJA – Gelar Potensi Pertanian Dorong Ketahanan Pangan Lokal. Gelar Potensi Pertanian (GPP) 2022 kembali diselenggarakan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja akhir pekan ini.

GPP kali ini menyuguhkan pameran pertanian serta festival pangan lokal dari 45 kelurahan di Kota Jogja. GPP akan diselenggarakan 18-20 November 2022 di halaman Balaikota Jogja.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja Suyana mengatakan GPP sejalan dengan tema pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja tahun ini, yaitu peningkatan ekonomi berbasis kesejahteraan rakyat. Produk hasil pertanian dari 14 kemantren, asosiasi dan komunitas pertanian, perikanan dan pangan di Kota Jogja, akan dipamerkan.

Selain itu, ada pula festival pangan lokal. Dalam festival ini, akan dilombakan produk olahan berbahan dasar non-beras dan non-gandum. Selain itu, ada pula lomba yelyel ajakan mengonsumsi makanan B2SA (beragam, bergizi, seimbang, dan aman) serta lomba video mengenai capaian wilayah dalam sektor pertanian dan ketahanan pangan.

“Sudah tiga tahun mereka [gabungan kelompok tani dan komunitas pertanian] tidak tampil, harapannya mereka all out. Harapannya semua masyarakat bisa membeli produk yang dihasilkan kelompok tani dan menghasilkan kesejahteraan kelompok tani,” kata Suyana.

Menurut Suyana, lomba olahan pangan berbahan lokal merupakan upaya memperkaya khasanah inovasi pangan lokal. “Pangan lokal sekarang kurang berkembang karena tidak ada inovasi, yang banyak inovasi panganan berbasis gandum, yang non gandum kurang,” terangnya.

“Harapannya dari kegiatan ini ada inovasi yang baru [pangan]. Kita harus mengajukan kembali ke pangan lokal,” ucap Suyana.

Akan diadakan pula kontes ikan guppy serta kontes anggrek dan aglonema dengan total hadiah mencapai Rp. 20 juta.

BMKG; Prakiraan Cuaca Hari Ini, Yogyakarta Hujan Lebat

Previous article

Nonton Bareng Piala Dunia 2022 di  Sahid Raya Hotel Yogyakarta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja