Lifestyle

Cemas Berlebih? Ini Cara Mengatasinya

0
Kecemasan Berlebih (Foto RSUD)
Kecemasan Berlebih (Foto : RSUD)

STARJOGJA.COM – Semua orang pasti sempat melewati kecemasan berlebih. Penting untuk mengetahui bahwa self-help adalah salah satu cara untuk membantu diri agar merasa lebih baik.

Banyak teknik guna menolong diri sendiri  yang sering terapis atau konselor manfaatkan untuk membantu pasien lebih memahami perasaan dan perilaku mereka. Berikut adalah empat latihan self-help yang dapat membantu meredakan kecemasan dan depresi.

Decastrophizing

Dengan belajar mempertanyakan pikiran Anda sendiri, Anda dapat mengoreksi banyak distorsi kognitif. Decatastrophizing adalah latihan self-help yang melibatkan pemikiran dan keyakinan irasional yang menantang tentang suatu situasi untuk mengurangi kecemasan dan depresi berlebih. Misalnya, jika seseorang percaya bahwa hidupnya hancur setelah melakukan satu kesalahan, mereka mungkin akan merasa tertekan. Namun, jika mereka menantang keyakinan ini dan malah mengakui bahwa kesalahan itu normal dan bahwa mereka dapat belajar darinya.

Merencanakan reward dan punishment

Latihan self-help juga bisa untuk orang tua yang membutuhkan bantuan untuk mengubah perilaku anak mereka. Membuat reward dan punishment dari perilaku tertentu membantu anak memahami apa yang orang tua harapkan dari mereka, dan apa yang dapat mereka harapkan sebagai balasannya. Ini dapat membantu meredakan ketegangan dan kecemasan, serta memberikan rasa struktur untuk Anda dan anak Anda.

Baca Juga : Makanan Sehat Investasi Masa Depan Si Kecil 

Kendalikan pikiran negatif

Kecemasan, depresi, dan harga diri yang buruk sering kali merupakan hasil dari pikiran negatif yang tidak rasional. Banyak dari pikiran negatif kita tidak berdasar pada bukti atau kenyataan apa pun. Mereka beroperasi sebagian besar berdasarkan keyakinan dan asumsi tentang diri kita sendiri berdasarkan pengalaman masa lalu kita.

Baca buku self-help

Buku self-help memberi pembaca saran dan tip tentang cara meningkatkan kehidupan mereka. Meskipun buku self-help sering berkaitan dengan topik seperti kecemasan dan depresi, mereka dapat mencakup berbagai topik, termasuk pengembangan karir, hubungan, dan keuangan pribadi.

Terakhir, adapun cara terbaik untuk menemukan apa yang berhasil untuk Anda adalah dengan bereksperimen dan bersedia mencoba hal-hal baru. (Maylin Angelica)

Sumber : Bisnis.com

“Wild Flower Play” Lagu Utama Album “Indigo”

Previous article

Awas, Asam Urat Bisa Serang Anak Muda!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle