EventJogjaKUNewsPromo

Prambanan Jazz Festival #9 Siap Digelar Juli 2023

0
Jumpa pers Prambanan Jazz Festival #9

STARJOGJA.COM, Prambanan Jazz Festival 2023 akan mulai mencoba mendobrak konvensi umum, bahwa festival musik di Indonesia kiwari diadakan hanya tiga hari. Tahun depan, Prambanan Jazz Festival akan diadakan selama enam hari, yaitu pada 7, 8, 9, 14, 15 dan 16 Juli 2023.

“Selain pengalaman baru yang akan dirasakan oleh semua orang yang ada di dalamnya, PJF tahun ini kami sajikan lebih lama jika dibandingkan dengan biasanya, yaitu sampai enam hari. Dengan penambahan durasi penyelenggaraan ini tentunya akan lebih banyak lagi hal yang akan kami suguhkan. Dari sisi penampil sendiri, akan lebih banyak musisi yang kami hadirkan. Kami siap memboyong sembilan musisi internasional, dan 60 musisi nasional,” tutur pendiri Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi.

Tahun ini, Prambanan Jazz Festival akan mengusung tema “Culture for the Future”, yang disajikan dengan konsep “The Magical Experience”. Tema ini berangkat dari satu pemahaman penting, bahwa budaya adalah hal penting untuk masa depan. Di masa semua yang serba digital, bahkan karya seni bisa digarap oleh artificial intelligence (AI), kebudayaan bisa membuat kita tetap menapak bumi dan berpegang erat pada akar kita sebagai manusia.

Musik imajinatif

Konsep The Magical Experience dimaksudkan sebagai pengalaman budaya musik imajinatif, yang akan dirasakan secara langsung dan menginspirasi semua orang yang ada di dalamnya. Baik itu penonton, musisi yang terlibat, maupun pihak penyelenggara.

Melalui diksi magical, ajaib, Prambanan Jazz Festival seperti akan menjamin bahwa helatan ini akan memberikan pengalaman menonton festival yang magis dan menakjubkan.

Anas menuturkan pada PJF kesembilan ini, pihaknya telah siap menghadirkan musisi asal Perancis yang telah meraih dua kali Grammy Award untuk Album Musik Dunia Terbaik dan juga BRIT Award Band Internasional Terbaik, yaitu Gipsy Kings by Andre Reyes.

Tak sampai di situ saja, Lucky Chop, musisi asal New York Amerika Serikat pun dipastikan Anas akan menjadi musisi internasional yang akan menghelat menampilan megah dan enerjiknya di depan Candi Prambanan.

“Tak hanya Gipsy Kings dan Lucky Chop, ada beberapa nama musisi internasional lainnya yang siap kami hadirkan. Di antaranya ada musisi broadway dan swing jazz dengan 3,9 M pengikut Youtube, yaitu Scott Bradlee yang akan tampil bersama Postmodern Jukebox. Masih akan ada musisi internasional lain yang akan dihadirkan, yaitu Bond. Bond merupakan kuarter gesek perempuan pertama yang memecahkan rekor penjualan album tertinggi di dunia sepanjang masa yaitu 4 juta kopi sejak awal debutnya di dunia musik. Tak sampai situ saja, Tunde Baiyewu, vokalis dari Lighthouse Family pun akan mewarnai panggung Prambanan Jazz Festival,” papar Anas.

Sedangkan untuk musisi nasional, akan ada dua penampil utama yang tampil selama tiga hari berturut-turut dalam setiap pekan, yaitu Kahitna dan satu nama lagi yang akan diumumkan dalam waktu dekat. Selain mereka, ada beberapa musisi lain yang akan tampil dua kali di setiap pekannya, yaitu Maliq & D’Essential dan Dewa 19, serta beberapa musisi lainnya.

“Mereka akan menampilkan konsep yang berbeda setiap harinya. Jadi sangat sayang untuk dilewatkan,” tutur Anas.

Berikut adalah daftar line up sementara Prambanan Jazz Festival 2023:

Day 1 : Kahitna, Nadin Amizah, Pusakata, Hivi!, dll

Day 2 : Kahitna, Maliq & D’essential, Arsi Widianto, Ardhito Promono, Bilal Indrajaya, dll

Day 3 : Kahitna, Dewa 19, Java Jive, Yura Yunita, dll.

Day 4 : Andien, D’Masive Jazz Project, TBA ft.UN1TY, Chandra Darusman, dll

Day 5 : Maliq & D’essential, Krakatau x Barry Likumahua, Ahmad Dhani Electrical Band, Yovie & Nuno, Shaggydog, dll.

Day 6 : Dewa 19, Padi Reborn, The Groove, Pamungkas, THE GENTLEMEN (Fariz RM, Deddy Dhukun, Mus Mujiono, Tony Wenas) ft. Profesor Adi Utari, dll.

Kuliner, Karakter Tokoh, dan Kolaborasi Visual

Menurut Direktur Utama Rajawali Indonesia, Tovic Raharja, pihaknya akan tetap mengangkat potensi kuliner lokal dengan mengajak komunitas Pasar Kangen di Prambanan Jazz Festival 2023,

Ide ini tetap dipertahankan pada tahun ini, sebagai upaya dari penyelenggara untuk merespon konsep UMKM tradisional di Yogyakarta, dan diharapkan sebagai “obat rindu” PJF Lovers terhadap ragam kuliner yang “Jogja Banget”.

Hal ini adalah bentuk kolaborasi yang akan selalu dilakukan, supaya bisa memberi dampak positif pada perekonomian warga di Yogyakarta yang terlibat dalam partisipasinya di Pasar Kangen Prambanan Jazz Festival 2023.

Selain kolaborasi berupa Pasar Kangen, di penyelenggaraan ke 9 ini, Prambanan Jazz Festival kembali melakukan kolaborasi dengan para seniman visual untuk menuangkan nilai-nilai yang diusung pada penyelenggaraannya tahun ini ke dalam sebuah artwork.  Seniman visual yang diajak kolaborasi tahun ini adalah Isa Indra Permana, ilustrator asal Yogyakarta yang berfokus di bidang fesyen dan musik.

“Gaya ilustrasinya condong eksploratif, warna-warna kontras, dengan penggabungan antara karakter kartun, surealis, dan pop,” pungkas Tovic.

Isa Indra Permana selaku Ilustrator Prambanan Jazz Festival 2023 mengungkapkan, konsep visual dari Prambanan Jazz Festival 2023 ini adalah perpaduan kultur dan futuristik yang menggambarkan suasana magical nan teduh dengan latar belakang padang rumput menghiasi suasana Roro, Hanoman dan lainnya, yang memainkan musik dengan riang gembira. Perpaduan kultur dan gaya masa depan juga terpancar jelas dalam outfit yang dikenakan oleh karakter di Prambanan Jazz kali ini.

Aksen visor pada mahkota Roro dan jam digital yg dipakai oleh Hanoman. Becak futuristik yang di atas bukit menyalurkan alunan lagu ke segala penjuru. Nada-nada itu menghidupkan pohon-pohon di sekelilingnya menjadi ceria. Memanggil  para pengunjung berkumpul bersama teman dan keluarga bernyanyi bersama dalam kemeriahan Prambanan Jazz.

“Akan ada 11 karakter yang akan ditampilkan sebagai bentuk konsep visual yang memiliki karakter tersendiri, diantaranya seperti Ji (Anak) & Muninn (Bapak) yang menggambarkan Family man dan Insightful Dad. Rho yang menggambarkan sosok Social Media Addict dan Dumper. Lou sang Content Creator dan Documentator. Lugano yang menggambarkan karakter Food Enthusiast,” ujar Isa.

“Suri (cheerful) sosok ceria dalam segala suasana. Patt & Lui adalah 2 karakter yang suka bermain dan pecinta binatang (Playful & Animal Lover). Agni yang menggambarkan “Lampu Teplok” yang memiliki karakter Fightful dan Insightful. Joyo sosok periang yang digambarkan sebagai Macan yang ceria dan menjaga (Charming & Caretaker). Achilles yang digambarkan sebagai “Bocah Kumbang” dan Fungi yang divisualkan dalam bentuk “Jamur Kembar” yang melambangkan sosok yang Trivia Person & Factgiver,” lanjutnya.

Project Manager Prambanan Jazz Festival #9 | 2023, Oetjhi Candra menambahkan, “akan ada 3 panggung yang nantinya akan merespon area Lapangan Brahma dan Lapangan Wisnu, Candi Prambanan. Panggung Roro Jonggrang adalah panggung utama yang akan menampilkan seluruh headliner Internasional dan Nasional dengan background Candi Prambanan. Panggung Hanoman akan menampilkan musisi millenial Nasional dan musisi pendatang baru sebagai bentuk dukungan kepada musisi lokal di Indonesia. Serta Panggung Jazz for Kids, yang menampilkan musisi jazz cilik yang mengikuti audisi yang dikuratori oleh Tim Prambanan Jazz.

Direktur Utama PT. TWC, Edy Setijono menyambut baik kerjasama berkesinambungan yang dilakukan dengan Prambanan Jazz Festival ini. “PT. TWC tentu sangat mendukung penyelenggaraan PJF 2023 di kompleks Candi Prambanan. Ada beberapa venue yang dapat dipergunakan untuk tempat penyelenggaraan konser musik PJF, dengan keindahan view berlatar belakang Candi Prambanan. Hal ini menjadi daya tarik dan magnet tersendiri, untuk menarik kunjungan wisatawan ke destinasi Candi Prambanan melalui event musik. Kami turut berbangga dengan hadirnya event konser musik bertaraf internasional Prambanan Jazz Festival (PJF). Selama 8 tahun berturut-turut, PJF sukses menyedot animo masyarakat pecinta musik Indonesia. PJF menjadi salah satu media dan strategi promosi pariwisata di Indonesia maupun mancanegara, dengan magnet destinasi heritage, menjadi satu kolaborasi Music Tourism yang apik.”

PT TWC sebagai Indonesia Heritage Management menerapkan pilar bisnis pengelolaan, salah satunya Attraction. Melalui pilar bisnis Attraction, PT TWC mengembangkan aktivitas seni dan budaya yang berhubungan dengan pariwisata, meliputi pertunjukan seni, petualangan budaya, dan musik. Artinya, penyelenggaraan PJF di destinasi Candi Prambanan menjadi salah satu implementasi PT TWC dalam mengembangkan pilar bisnis Attraction, guna memberikan experience value bagi masyarakat.

“Masyarakat akan mendapatkan nilai edukasi dan pengalaman luar biasa, sembari menikmati lantunan nada para musisi tanah air maupun musisi internasional. Satu harmonisasi keindahan dari berbagai elemen yang dipersatukan lewat musik,” tutup Edy Setijono.

TIKET PRAMBANAN JAZZ FESTIVAL #9 | 2023

PROGRAM EARLY BIRD, NFT, PRESALE DAN BUNDLING MERCHANDISE

Tiket telah resmi dirilis sejak 7 Desember 2022 untuk program “Early Bird” dengan harga Rp 500.000,- (exclude tax & admin fee) tiket ini bisa dibeli di channel penjualan tiket shermorpeus hingga 25 Desember 2022. Early bird ini akan berbentuk Smart Ticket, jadi sudah tedaftar di jaringan web 3.

Untuk NFT dapat minting di nft.prambananjazz.com atau bisa langsung beli opensea Prambanan Jazz. Pemegang NFT kategori khusus nanti akan dapat fasilitas tertinggi di Prambanan Jazz Festival atau setara JAZZMINE.

Baca juga: Penyebab Cuaca di DIY Terasa Lebih Panas dan Gerah

Selain itu tiket Prambanan Jazz Festival #9 | 2023 bisa didapatkan juga di channel www.tiketapasaja.com dengan harga Presale 1 Rp 750.000,- ; Presale 2 Rp 1.000.000,- ; Regular Rp 1.250.000,- (exclude tax & admin fee). “Penjualan tiket ini akan kita rilis awal tahun 2023,” tambah Tovic.

Bagi pemburu merchandise, akan ada bundling tiket dengan official merchandise Prambanan Jazz Festival  #9 | 2023 “edisi terbatas,” dan merchandise ini hanya akan diberikan bagi pembeli program ini yang akan segera release dalam waktu dekat ini.

PROGRAM JAZZMINE & DISKON 5%

Merespon minat PJF Lovers untuk mendapatkan kenyamanan dalam menyaksikan Prambanan Jazz Festival 2023, kami memberikan program spesial yaitu JAZZMINE dengan harga Rp 1.900.000,- (include tax & admin fee). JAZZMINE adalah kategori tiket VIP, dengan beberapa benefit, diantaranya :

  1. Valet Parking, layanan parkir eksklusif di area parkir Ramayana Resto, sehingga pengunjung tidak perlu repot mencari parkir.
  2. Shuttle Parking, dari area valet parking, PJF Lovers akan diantar dan dijemput menggunakan shuttle menuju ke area festival.
  3. Goodie Bag (Exclusive Prambanan Jazz Festival 2023 Merchandise yang berisi : produk Margaria Batik / Batik Enom, T-Shirt Jazzmine, tote bag, lanyard, dan PJF starter kit.
  4. Exclusive Lounge, Spot ini disediakan untuk PJF Lovers yang ingin menikmati vibes festival dengan lebih santai dan rileks. Jadi ketika PJF Lovers merasa lelah dan butuh istirahat, PJF Lovers bisa menepi sejenak ke spot ini.
  5. Magical Festival & Seating Area, maksudnya satu tiket Jazzmine akan mendapat 2 akses untuk menonton PJF 2023, di area festival bagian paling depan dengan pintu khusus, dan di area tribun dengan fasilitas kursi, tapi tanpa number seat.
  6. Harga tersebut sudah termasuk gratis ongkos kirim produk ke alamat PJF Lovers yang membeli dalam periode ini.

Kategori JAZZMINE adalah kategori pilihan yang paling tepat untuk mendapatkan segala kemudahan dan kenyamanan untuk menyaksikan idola PJF Lovers dari jarak dekat dengan the best view & experience. Untuk penjualan JAZZMINE dapat dibeli di online dan offline Margaria Batik dan Batik Enom mulai hari Senin, 26 Desember 2022 pukul 11.59 wib, dengan jumlah yang sangat terbatas.

Bersama dengan dirilisnya program JAZZMINE akan ada diskon 5% untuk pembelian tiket PJF #9 | 2023 setiap transaksi pembelian produk dengan minimal transaksi Rp 269.000,- di seluruh offline store Margaria Batik dan Batik Enom.

TIKET ON THE SPOT

Kami berharap PJF Lovers dapat memanfaatkan program-program yang diberikan sesuai dengan kenyamanan PJF lovers. Selain itu akan ada penjualan tiket di lokasi acara dengan harga Rp 2.000.000,- (exclude tax & admin fee) bila persediaan masih ada.

Seluruh program tiket Prambanan Jazz Festival #9 | 2023 ini adalah kategori festival (berdiri) dan setiap tiket yang dibeli sudah termasuk tiket masuk kawasan Candi Prambanan. Tiket ini tentunya belum termasuk pajak dan biaya admin.

“Saya yakin dengan banyaknya musisi Internasional yang datang ke Jogja, akan berdampak baik disegala sektor mulai dari pariwisata, ekonomi, budaya dan dunia kreatif. Tentunya kami Prambanan Jazz Festival #9 | 2023 terbuka lebar untuk siapapun berkolaborasi bersama untuk Indonesia,” tutup Anas.

 

 

Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak “Si Doel” tutup usia

Previous article

Waspada Star Lovers, Kebiasaan Minum Kopi Seperti Ini Bisa Memperpendek Umur

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Event