News

Sri Nurhartanto Resmi Menjabat Sebagai Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta

0
Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Pelantikan Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta diselenggarakan pada Sabtu (1/4/2023) pukul 11.00 di Auditorium Kampus II, Gedung Thomas Aquinas, Babarsari Yogyakarta.

STARJOGJA.COM, Dr. G. Sri Nurhartanto, S.H., LL.M resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) periode 2023-2027. Sri Nurhartanto menggantikan Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M. Eng., Ph.D yang telah berakhir masa jabatannya pada 31 Maret 2023.

Berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Yayasan Slamet Rijadi Nomor: 40/Kep-Peng/YSRY/2023 tentang Pengangkatan Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta Periode 2023-2027 maka Rektor baru akan berkarya mulai tanggal 1 April 2023 sampai dengan 31 Maret 2027.

Pelantikan Rektor diselenggarakan pada Sabtu (1/4/2023) pukul 11.00 di Auditorium Kampus II, Gedung Thomas Aquinas, Babarsari Yogyakarta. Hadir sejumlah tamu undangan dari berbagai kalangan, antara lain segenap organ Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, Uskup Keuskupan Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D, segenap Dewan Penyantun, segenap pejabat struktural di lingkungan UAJY, Pimpinan Perguruan Tinggi, segenap relasi, perwakilan mahasiswa dan komunitas.

Komitmen dan target

Nurhartanto menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin UAJY dalam empat tahun ke depan. Beliau menyampaikan komitmen untuk bersinergi memajukan UAJY dengan meningkatkan kualitas SDM.

“Target pertama saya adalah kita konsolidasi internal yang ada di dalam supaya satu dengan yang lainnya dapat bekerja sama untuk memajukan UAJY termasuk mencapai cita-cita dan harapan,” jelas Sri.

Nurhartanto juga menjelaskan bahwa tantangan untuk UAJY ke depan semakin berat dan semakin besar, salah satunya adalah UAJY digadang-gadang oleh Dirjen Dikti untuk menjadi universitas unggulan dunia. Tentunya memerlukan doa, dukungan dan semangat yang besar dari seluruh civitas academica.

“Mari kita maju, mari kita bersama-sama untuk terus mengembangkan UAJY yang memiliki semangat serviens in lumine veritatis,” ujar Nurhartanto.

Harapan Rektor lama

Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M. Eng., Ph.D dalam sambutannya mengucapkan terima kasih telah dipercaya untuk memimpin UAJY selama periode 2019-2023. Ia menyampaikan kesannya selama 4 tahun memimpin UAJY,  banyak sekali dinamika yang terjadi yang menjadi bagian dari perjalanan UAJY.

“Saya merasa bersyukur telah memperoleh kesempatan untuk mendampingi dan melayani Bapak/Ibu sekalian yang tidak pernah terpikirkan oleh saya sebelumnya. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas segala cinta yang sudah saya peroleh selama berkarya di UAJY,” ujar Yoyong.

Yoyong berharap dengan terpilihnya Rektor UAJY yang baru akan membawa arah perkembangan UAJY menjadi lebih baik.

“Saya tentu berharap dan berdoa untuk di masa datang, UAJY semakin maju di bawah kepemimpinan Rektor dan pejabat struktural yang baru,” harapnya.

Apresiasi yayasan

Ketua Umum Pengurus Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, Dr. Ing. Ir. Andreas Triwiyono menyampaikan harapan untuk Rektor baru UAJY supaya nantinya mampu menjadikan UAJY lebih maju, berkualitas, berdaya saing, serta mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia.

“Saya ucapkan proficiat kepada Bapak G. Nurhartanto yang telah berkomitmen untuk bisa meneruskan estafet kepemimpinan UAJY sebagai Rektor periode selanjutnya, mudah-mudahan dapat mengemban tugas dengan baik,” ujar Andreas.

Pada kesempatan kali ini, Andreas juga memberikan apresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada Rektor periode sebelumnya Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M. Eng., Ph.D yang telah mengemban tugas dengan baik dan berhasil memajukan UAJY melalui prestasi yang diraih.

Prof. Dr. MG. Endang Sumiarni, S.H., M.Hum selaku Ketua Senat Akademik Universitas (SAU) UAJY juga menyampaikan harapannya yaitu semoga Rektor baru UAJY dapat melanjutkan semua program dari Rektor yang lama dan dapat mencapai World Class University.

“Tantangannya tentu tidak mudah untuk mencapai peringkat Akreditasi Berstandar Nasional Perguruan Tinggi maupun World Class University, sehingga harus dipenuhi baik kuantitas dan kualitasnya,” pesan Endang.

Dalam rangka menghadapi tantangan tersebut, Endang menekankan bahwa dukungan dari seluruh civitas academica sangat diperlukan untuk memenuhi standar dan mencapai visi misi UAJY di antaranya adalah peningkatan SDM dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan mitra kerja sama.

Harapan Mahasiswa

Upacara pelantikan dan serah terima jabatan Rektor UAJY periode 2023-2027, juga dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari masing-masing program studi serta unit kegiatan mahasiswa.

“Upacara pelantikan dan serah terima hari ini sangat menarik dan mengedukasi mengenai rektorat dan jabatannya,” ungkap Celine Angela, perwakilan Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi.

Zefanya Hizkia Sandy Respaty, perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan berharap Rektor UAJY periode 2023-2027 dapat membawa UAJY untuk semakin maju dari sebelumnya.

Harapan juga disampaikan oleh Joshua Madellu, Ketua UKM Seni Budaya, semoga UAJY semakin sukses dan bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Saya dan mahasiswa yang lainnya menunggu kinerja Rektor yang baru, seperti yang sudah dikatakan beliau tadi pada sambutannya,” ujarnya.

Sumber :  Humas UAJY

Baca juga : Cegah Klitih, Polda DIY Sebar Petugas di Seluruh Wilayah

 

Once Enggan Balik ke Dewa 19

Previous article

Stok Darah PMI DIY, Senin, 3 April 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News