Lifestyle

25 Ribu Kendaraan Keluar dari Kulonprogo

0
kendaraan kulonprogo
Petugas memeriksa kendaraan yang melintas di wilayah Jagalan, Kapanewon Kalibawang, Senin (4/5/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
STARJOGJA.COM, Info –  Kasat Lantas Polres Kulon Progo AKP Johan Rinto Damar Jati  mengatakan ada 25 ribu kendaraan keluar dari Kulonprogo pada Selasa (25/4). Sementara arus lalu lintas di sepanjang Jalan Nasional Yogyakarta-Purworejo ramai lancar pada Rabu (26/4).
“Dapat diinformasikan bahwa hari ini terjadi peningkatan arus lalu lintas yang cukup signifikan sepanjang ruas jalan nasional,” kata Johan.

Ia mengatakan anatomi arus lalu lintas yang terpantau oleh tim urai Satgas Kamseltibcarlantas Polres Kulon Progo antara lain di Simpang Tiga Demen dan trafic light di Ngeplang sampai dengan Jembatan Bantar.

Jam sibuk arus lalu lintas terjadi rentan waktu 15.30 WIB sampai dengan 19.00 WIB. Dari Simpang Demen keramaian, arus lalu lintas ini terjadi disebabkan keluar masuk kendaraan pribadi pengunjung objek wisata Pantai Glagah.

Ia mencontohkan pada Selasa (25/4), jumlah kendaraan keluar 25.913 kendaraan roda dua dan roda empat, sedangkan kendaraan yang masuk ke wilayah Kulon Progo 30.364 kendaraan roda dua dan roda empat.

“Membaca dari data tersebut, situasi arus lalu lintas masih cukup ramai dan diprediksi puncak arus lalu lintas ini sampai dengan hari Minggu (30/4),” kata Johan.

Lebih lanjut, Johan mengatakan kondisi situasi jalan macet, maka tim Urai Satgas Kamseltibcarlantas akan merekayasa arus lalu lintas dengan pengaturan manual di setiap simpang trafik sepanjang jalan nasional.

Simpang jalan yang perlu di antisipasi dan dikhususkan adalah Simpang Tiga Demen karena untuk kendaraan yang keluar/masuk ke arah objek wisata Pantai Glagah.

“Sedangkan untuk keramaian arus lalu lintas arah Wates menuju ke Yogyakarta tepatnya depan Mako Brimob Sentolo yang disebabkan durasi pendek trafik Klangon, apabila antrean kendaraan sampai melebihi jembatan Bantar/Progo, maka petugas akan berkoordinasi dengan Polres Bantul penarikan manual,” kata Johan.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Kulon Progo Iptu Triatmi Noviartuti berkaitan dengan semakin meningkatnya arus lalu lintas ini, mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar bersabar apabila situasi arus lalin dalam kondisi padat.

Selain itu, saling menghormati kepada sesama pengguna jalan, dan agar memberikan kesempatan apabila menjumpai penyeberang jalan.

“Hati hati di jalan, ikuti peraturan lalulintas dan arahan petugas, sehingga tetap bisa berlalu lintas dengan aman , nyaman dan menghindari resiko kecelakaan lalu lintas,” kata Noviartuti.

  

Bayu

Juli 2023, Fujii Kaze Mau Konser di Jakarta

Previous article

Setelah Libur Lebaran, Ini Tips Memulihkan Stamina

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle