HealthLifestyle

Orang Tua Harus Waspada Anak Batuk Kronik Berulang

0
batuk kronik
Batuk Terus Menerus (Foto : Halodoc)
STARJOGJA.COM, Info  –  Anak batuk kronik berulang menurut Dokter spesialis anak konsultan respirologi KSM Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM  Wahyuni Indawati harus diwaspadai orang tua. Sebab jika batuk kronik berulang ini terus terjadi dapat menjadi gejala asma.

“Kewaspadaan harus dimiliki orang tua yaitu kalau anak batuk tidak kunjung sembuh atau batuk kronik yang berulang,” kata Wahyuni dalam diskusi daring, Jumat.

Ia menjelaskan, batuk kronik berulang adalah batuk yang terjadi berkepanjangan yakni lebih dari dua minggu atau lebih dari tiga episode dalam tiga bulan berturut-turut.

“Jadi batuknya bukan batuk biasa. Tidak kunjung sembuh, berulang, hampir setiap bulan batuk,” imbuh Wahyuni.

Batuk kronik berulang menurut Wahyuni juga dapat menjadi gejala penyakit lainnya seperti tuberculosis (TBC) hingga pneumonia.

Untuk itu, kata dia, orang tua juga perlu memahami karakteristik-karakteristik lain dari asma seperti nafas yang berbunyi seperti peluit atau mengi akibat penyumbatan di saluran pernapasan, hingga batuk yang muncul lebih berat atau lebih sering pada waktu malam.

Selain itu, menurut Wahyu, perlu juga diperhatikan apakah ada makanan atau situasi tertentu yang dapat memicu batuk atau mengi.

“Misalnya, dia ter-trigger karena ada asap, debu, kemudian muncul batuk. Selain itu, bisa juga karena aktivitas fisik,” ujar Wahyuni.

“Kemudian ketika diberikan terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi asma seperti di uap atau minum obat (asma) lalu dia membaik, kita harus curiga jangan-jangan itu asma,” lanjut dia.

Wahyuni mengatakan, asma yang tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan pertumbuhan berat badan menjadi terganggu.

Sehingga, penting bagi orang tua untuk memahami keluhan batuk yang dialami anak dan berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan tatalaksana yang tepat.

Misalnya, anak yang derajat asmanya cukup berat, maka dia memiliki ambang sensitivitas yang rendah sehingga lebih mudah kambuh. Pada kondisi ini, diperlukan terapi yang bertujuan untuk menstabilkan dan menaikkan ambang sensitivitas tersebut.

“Untuk menstabilkan atau menaikkannya, perlu terapi jangka panjang. Kita berikan secara terus menerus, setiap hari, umumnya berupa hirupan, walaupun yang usianya di bawah lima tahun ada juga obat yang diminum,” ujar Wahyuni.

Wahyuni juga mengatakan, orang tua juga dapat melakukan penanganan mandiri di rumah jika anak mengalami serangan asma.

“Kita bisa berikan inhalasi awal tentu dengan obat untuk asma. Kita bisa berikan dua kali di rumah, lihat responnya, kalau membaik tapi masih ada gejalanya, boleh diberikan sekali lagi,” katanya.

“Tapi kalau sejak awal kondisinya berat maka cukup berikan sekali dan bawa ke rumah sakit. Begitu juga jika dia memiliki risiko tinggi tertentu yang butuh perhatian lebih,” pungkas Wahyuni.

Sumber : Antara 
 
 
Bayu

Kominfo Ajak Pemuda Sadar Pemilu

Previous article

Bupati Bantul Ingin Produk Bantul Lebih Kenal Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health