FeatureNews

PPDB Online Kota Yogyakarta Tahun 2023 Membuka Berbagai Jalur Pendaftaran

0
PPDB Online
PPDB Online Yogyakarta (star)

STARJOGJA.COM, Info – Penerimaan Peserta Didik Baru Kota Yogyakarta tahun ini dilaksanakan secara online pada bulan Mei kemarin dengan kuota bagi calon peserta didik baru yang sama dengan tahun lalu sesuai Permendikbud. Fajar Afrian, S.E., M Ec.Dev. Disdikpora Kota Yogyakarta mengatakan total daya tampung dan rincian kuota per-sekolah terkait PPDB Online di Kota Yogyakarta pun sudah tercantum dalam website resmi PPDB Online Yogyakarta.

“Kalau total daya tampung itu, kita SD itu ada 89 SD Negeri tetapi yang kita online kan ada 33. Kenapa kita online kan karena memang animonya untuk 33 sekolah ini lebih banyak dari daya tampung, sehingga kita buat seleksi secara online itu totalnya ada 1932 kursi. Sedangkan untuk SMP kita ada 16 SMP Negeri itu semuanya kita online-kan, total daya tampungnya ada 3466 kursi,” katanya kepada STAR FM 7 Juni 2023.

Fajar Arfian menjelaskan tidak semua jalur menggunakan nilai ASPD tergantung jalur yang ditempuh oleh calon peserta didik baru.

“Secara umum nanti ada kita bagi dua. Untuk yang jalur zonasi wilayah itu nanti tidak bergantung seleksinya berdasarkan nilai ASPD tapi nanti berdasarkan jarak tempat tinggal dengan sekolah yang dituju. Sedangkan untuk jalur-jalur yang lain, itu nanti salah satu parameter seleksinya menggunakan nilai ASPD. Jadi ada dua, ada yang pake ASPD ada yang tidak pake ASPD tapi pake jarak. Selain zonasi wilayah nanti pakenya nilai ASPD, nanti ada macam macam yang jalur-jalur pake ASPD itu ada afirmasi, zonasi mutu, jalur prestasi, jalur mutasi orang tua.”

Bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dapat memberikan peluang untuk mendapatkan nilai tambah melalui jalur prestasi. Fajar Arfian menjelaskan penambahan nilai yang dilakukan akan melewati sekolah masing-masing calon peserta didik.

“Jadi anak-anak yang punya prestasi baik itu akademik maupun non akademik bisa olahraga seni dan sebagainya itu nanti bisa secara kolektif mengajukan melalui sekolah mengajukan ke dinas. Nanti dipilih misalnya punya lebih dari satu piagam, nanti dipilih dari piagam itu kira-kira yang tambahan nilainya yang paling tinggi itu yang digunakan. Jadi tidak bisa digunakan semuanya hanya dipilih salah satu, dan nanti tambahan nilainya beda-beda. Berdasarkan jenis kejuaraan dan berdasarkan level kejuaraan.”

Ia juga menjelaskan pihaknya sudah menerapkan regulasi kuota bagi penduduk luar daerah dengan menggunakan jalur prestasi luar kota dan jalur bibit unggul dengan masing-masing 10% kuotanya. Peluang PPDB Online juga dibuka bagi jalur mutasi orang tua dan kemaslahatan guru dengan 5% jalur mutasi orang tua.

“Kalau dugaan saya pribadi mungkin karna kalo mungkin untuk ASN tadi untuk mengakomodir karena dia melaksanakan tugas negara harus pindah maka ada semacam bantuan dari pemerintah untuk mudah dapat sekolah. Kemudian yang kemaslahatan guru. Ini memang semacam penghargaan kepada guru-guru kita yang sudah mengabdi di sekolah-sekolah negeri khususnya agar mendapatkan hak khusus bagi guru-guru yang mengajar di sekolah negeri, putra putrinya bisa mengikuti PPDB melalui jalur yang ini, “ jelasnya.

Dengan adanya ketentuan-ketentuan ini ia menghimbau orang tua harus paham dan mencermati berbagai hal apabila ingin memasukan anak-anak mereka ke sekolah yang diinginkan.

Penulis : Rafa Hanin Nadira
Bayu

Anak Mogok Sekolah? Waspadai Tanda Trauma

Previous article

Musim Kemarau, Pakar Kedokteran Tropis UGM Ingatkan Waspada DBD

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature