News

14 Negara Ikut Olimpiade Internasional Fisiologi di FKKMK UGM

0
FKKMK UGM
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman, mengadakan deteksi Covid-19 untuk tenaga kesehatan puskesmas dan komunitas di Kabupaten Sleman dengan menggunakan alat RDT buatan UGM sendiri. - Antara

STARJOGJA.COM, Info  –  Olimpiade tingkat internasional bidang fisiologi Inter-medical School Physiology Quiz (IMSPQ) 2023 digelar pada 29-30 Juli di FKKMK UGM. Steering committee IMSPQ Dicky Moch. Rizal menjelaskan ada 210 mahasiswa yang berasal dari 70 universitas dari di 14 negara.

IMSPQ merupakan olimpiade antar mahasiswa kedokteran yang memperlombakan pengetahuan di bidang fisiologi dari berbagai negara. Tahun ini FKKMK UGM mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggara. Sebelumnya, FKKMK UGM juga pernah menjadi tuan rumah penyelenggara IMSPQ pada tahun 2016 di FK-KMK UGM yang  diikuti oleh 83 Tim dari 5 Benua.

Olimpiade pada tahun ini merupakan penyelenggaraan IMSPQ ke-19 kali nya dan merupakan pertama kali diselenggarakan secara luring setelah pandemi. Olimpiade ini dipelopori oleh Prof. Cheng Hwee Ming, seorang profesor di bidang Fisiologi dari Fakultas Perubatan Universiti Malaya.

“Olimpiade akan melombakan pengetahuan tentang fungsi organ tubuh,” jelasnya saat konferensi pers di FKKMK UGM, Senin (24/7).

Ketua Panitia IMSPQ dr. R. Jajar Setiawan, M.Sc., Ph.D., mengatakan IMSPQ diikuti oleh 70 tim delegasi yang terdiri dari sekitar 210 orang mahasiswa. Selain itu juga turut serta kurang lebih 100-150 orang dosen pendamping dari 70 universitas yang berasal dari 14 negara. Negara yang mengirimkan wakilnya dalam olimpiade ini adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Filipina, Vietnam, China, India, Jepang, Rumania, Qatar, dan Australia.

Olimpiade IMSPQ terdiri dari written test dan oral quiz. Sesi written test dilaksanakan pada hari pertama, peserta diwajibkan untuk mengerjakan set soal yang terdiri dari 100 soal tipe benar-salah. Soal-soal dirancang untuk menilai pemahaman dan konsep mengenai berbagai fungsi sistem tubuh manusia. Penentuan peringkat dilakukan berdasarkan nilai rata-rata tim.

Berikutnya dari 70 tim disaring menjadi 30 tim terbaik untuk melaju di sesi oral quiz pada hari kedua.

 Tigapuluh tim yang lolos akan dibagi ke dalam 6 grup dengan masing-masing grup terdiri dari 5 tim. Selanjutnya 6 terbaik berhak maju di babak semifinal dan 3 tim terbaik nantinya akan bertarung di babak final memperebutkan gelar juara dan piala Prof. A. Raman yang merupakan profesor pertama di bidang Fisiologi dari Universiti Malaya.

Selain olimpiade, dalam kegiatan tersebut nantinya juga akan dilaksanakan seminar terkait fisiologi dengan pembicara kunci  dr. Robert G Caroll, Ph.D,seorang ahli Fisiologi dari Brody School of Medicine at East Carolina University, Amerika Serikat. Rangkaian kegiatan lain dalam kegiatan ISMPQ 2013 adalah pameran budaya dan cultural night yang rencananya akan menampilkan kesenian dan kebudayaan dari 9 negara peserta.

Sementara Dekan FKKMK UGM, dr. Yodi Mahendradhata, MSc., PhD., FRSPH menyampaikan dengan menjadi tuan rumah penyelenggaraan IMSPQ diharapkan FKKMK UGM akan lebih dikenal dan diakui prestasinya di dunia internasional, khususnya dalam bidang Fisiologi. Selain untuk kepentingan akademik, diharapkan melalui kegiatan ini dapat terjalin suatu kerjasama atau kolaborasi di bidang Ilmu Dasar Kedokteran, khususnya Fisiologi, dan FK-KMK UGM pada umumnya.

“UGM sudah 2 kali menjadi host, ini menunjukkan kepercayaan dari dunai internasional kepada UGM. Harapannya nantinya olimpiade bisa berjalan lancar dan tim FKKMK UGM bisa mencetak prestasi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” harapnya.

Sejak tahun 2008 FKKMK UGM telah mengirimkan delegasi menjadi peserta IMSPQ. Pada IMSPQ  tahun 2012 tim UGM meraih peringkat 8, tahun 2013 perorangan Yosua Anthony Putra meraih peringkat 6 dan tim UGM peringkat 5, tahun 2014 perorangan Maria Fransiska Pudjohartono meraih peringkat 4 dan tim UGM peringkat 4.

“Tim FKKMK UGM telah diberikan pendampingan dan pembinaan secara  intensif selam a2 bulan terakhir. Harapannya nantinya bisa masuk 3 besar ,” tuturnya.

Sumber : Humas UGM

Baca juga :  Cari Pasien Suspek TB, FKKMK UGM Lakukan Skrining di Bantul

Bayu

Jadwal Pemadaman Listrik PLN DIY, Selasa 25 Juli 2023

Previous article

Stok Darah PMI DIY, Selasa 25 Juli 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News