Flash InfoHealthNews

Cobain Cara Ini Agar Tidak Ngantuk, Tanpa Minum Kopi

0
kopi arabika kopi robusta

STARJOGJA.COM, HEALTH – Jam siang adalah jam rawan ngantuk. Kalau ini yang dirasakan, Sebagian besar dari kita pasti langsung milih ngopi agar tetap terjaga alias tidak ngantuk.

Dilansir dari Cleveland Clinic, memang, satu cangkir kopi hitam sehari baik untuk kesehatan otak dan hati, tetapi mengandalkan kafein sepanjang hari, setiap hari sebenarnya dapat menghalangi solusi yang lebih sehat.

Dilansir dari Life Hacker, meminum kopi, meminum minuman berenergi, atau mengonsumsi pil kafein tidak selalu menjadi pilihan terbaik. Meskipun dosis sedang dapat membantu Anda tetap terjaga alias tidak ngantuk dan bahkan mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, dosis yang terlalu banyak dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Jumlah yang banyak itu dapat memengaruhi pola tidur secara keseluruhan, membuat Anda terjebak dalam lingkaran kelelahan, dan ketergantungan kafein yang tak ada habisnya. Ada beberapa cara untuk terjaga selain dengan kafein. Berikut adalah cara-caranya:

1. Air dan makanan ringan

Pilihan yang lebih baik adalah memberi tubuh dorongan energi dengan air dan nutrisi. Kelelahan adalah gejala klasik dehidrasi, jadi meminum air bersih dan dingin mungkin akan membuat Anda lebih ‘melek’ dan terjaga. Minum air yang cukup setiap hari juga akan membantu Anda tidur lebih nyenyak secara umum sehingga tidak mengantuk saat harus berkegiatan.

Makanan juga merupakan strategi yang baik. Inilah sebabnya mengapa memakan camilan sebelum sesi gym sangat efektif. Hindari makanan berat yang mengandung gula dan makanan berminyak dan berat yang dapat membuat Anda merasa mual. Lebih baik memilih camilan berprotein tinggi yang mengandung karbohidrat dan lemak

2. Olahraga

Daripada mengambil secangkir kopi lagi, bergeraklah selama beberapa menit. Olahraga meningkatkan tingkat energi Anda dan mengurangi perasaan lelah. Bahkan, aktivitas ringan seperti berjalan-jalan singkat dapat membangunkan Anda dan mempertajam otak. Sinar matahari juga mempunyai efek yang kuat pada tubuh manusia dan telah terbukti berdampak pada kewaspadaan dan tingkat energi.

3. Tidur siang

Tidur siang yang kuat dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi tingkat kewaspadaan dan kefokusan. Anda tidak perlu tidur siang dalam waktu lama, setidaknya tidur sebentar selama 10 menit dapat memberikan efek positif yang besar dan 20 menit dianggap sebagai durasi yang ideal untuk tidur siang. Tidur lebih lama dari itu mungkin tidak memberikan manfaat langsung apa pun dan dapat mengganggu pola tidur.

4. Perbaiki kebiasaan tidur

Jika merasa lelah, kemungkinan besar ada yang salah dengan cara tidur Anda. Anda harus tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Jika Anda tidur setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, tubuh Anda akan mulai bergantung pada jadwal tersebut sehingga dapat memperbaiki insomnia.

5. Kelola stres

Stres ringan selama berhari-hari dapat membuat Anda merasa lelah. Cobalah mengelola tingkat stres Anda dengan beralih ke yoga, meditasi, olahraga teratur, pijat, atau rutinitas perawatan diri lainnya untuk menghilangkan kerja keras yang menghambat Anda. Aktivitas yang meningkatkan mood sangatlah penting, terutama karena depresi

Sumber : Bisnis.com

Kafe di Tokyo Sediakan Bilik untuk Tidur Sambil Berdiri

Previous article

Film “Lampir” Siap Menghantui Masyarakat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info