News

Tingkatkan Kesehatan Anak SD Melalui Bulan Imunisasi Anak Sekolah 

0
Imunisasi Anak Sekolah
istimewa
STARJOGJA.COM, Info – Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengolahan Data Informasi Dinas Kesehatan Yogyakarta Lana Unwanah Bulan Imunisasi Anak Sekolah adalah program Kesehatan Nasional dalam pemberian imunisasi pada anak yang diadakan pada bulan Agustus dan November.
” Imunisasi anak sekolah yang disediakan akan meningkatkan kekebalan tubuh dan oleh karena itu imunisasi yang dilakukan juga akan rutin dan lengkap sejak dini,” katanya dalam Walikota Menyapa Kamis 21 September 2023.
Lana mengatakan anak-anak Sekolah Dasar masih rentan terhadap berbagai penyakit sehingga memerlukan perlindungan tambahan.  Cara yang penting dilakukan adalah imunisasi.
“Anak sekolah berpengaruh terhadap kondisi kesehatan guna melindungi anak dari penyakit menular. Agar dapat terhindar dari penyakit  dengan imunisasi (PD3I) terutama pada penyakit campak, difteri, tetanus, dan kanker leher rahim,” katanya.
Lana mengatakan imunisasi ini bertujuan untuk anak sekolah dasar atau umur yang setara termasuk homeschooling. Imunisasi ini akan mendapat proteksi yang kuat terhadap anak serta menjadi antigen yang menguatkan tubuh.
“Ketika hal ini telah terealisasikan, imunisasi rutin dan lengkap telah tercapai sesuai target pelayan kesehatan. Jenis vaksin yang diberikan untuk proteksi anak ketika ingin melakukan imunisasi akan diberikan dengan dosis yang sesuai dan tidak berlebih,” katanya.
Sasaran imunisasi vaksin ini adalah anak-anak sekolah dasar kelas 1 hingga IV. Untuk kelas 1 adalah imunisasi campak, untuk kelas II adalah imunisasi DT (Difteri), sedangkan kelas III dan IV adalah TT adalah (Tetanus).

“Setiap anak sekolah harus dipastikan memiliki riwayat imunisasi rutin dan lengkap yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari penyakit yang menular, serta menurunkan angka kesakitan dan kematian. Ketika ada kendala, pemberian vaksin dapat dilakukan di puskesmas terdekat,” katanya.

Penulis : Kristina Harefa

Bayu

Anda Umur 50 Tahun, Yuk Cek Kanker Prostat

Previous article

 Misteri Hilangnya Jet Tempur Siluman F-35 Amerika

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News