Flash InfoHealth

Minum Obat Sambil Tiduran Picu Efek Samping Kesehatan

0
minum obat tiduran

STARJOGJA.COM, HEALTHMinum Obat Sambil Tiduran Menyebabkan Efek Samping Bagi Kesehatan. Obat osteoporosis, ibuprofen, antibiotik tetrasiklin, zat besi, dan kalium adalah beberapa contoh obat-obatan yang dapat menyebabkan iritasi pada esophagus ketika dikonsumsi sambil tiduran. Oleh karena itu, obat-obatan tersebut sebaiknya dikonsumsi sambil berdiri

Ketika orang sedang sakit minum obat sambil tiduran atau berbaring tidak disarankan untuk minum obat, karena berbaya bagi kesehatan. Dan jika diteruskan, tindakan tersebut akan meningkatkan resiko efek samping yang merugikan bagi kesehatan. 

Kecepatan obat untuk ditelan dan masuk ke lambung menjadi berkurang, ketika minum obat sambil tiduran. Akibatnya, obat akan berkontak dalam waktu lama dengan saluran penghubung mulut dan lambung (esofagus).

Faktanya, beberapa jenis obat dapat menyebabkan iritasi apabila terlalu lama berkontak dengan esofagus. Iritasi dinding esofagus yang terjadi berulang-ulang dapat menyebabkan esofagitis alias peradangan pada esofagus.

Cepat atau lambat, peradangan pada esofagus dapat menyebabkan perlukaan luas dan perdarahan. Kondisi ini membuat penderita akan merasakan nyeri leher saat makan dan menelan.

Tidak hanya itu, minum obat sambil berbaring juga bisa meningkatkan risiko tersedak. Obat bisa saja menyangkut di tenggorokan dan menyebabkan rasa tidak nyaman; mulai tenggorokan sakit hingga kesulitan bernapas. Tersedak akibat cara minum obat yang salah juga meningkatkan risiko pneumonia aspirasi. Kondisi ini terjadi karena masuknya cairan atau benda asing ke dalam paru-paru, sehingga terjadi peradangan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari bahaya cara minum obat yang salah, antara lain, yaitu baca label obat dengan seksama, usahakan minum air putih, perhatikan posisi saat minum obat, mematahkan obat menjadi beberapa bagian, konsultasikan ke dokter.

PENULIS : Kristina Harefa

Rakernas IV PDIP: Menangkan Pileg dan Ganjar Pranowo Sebagai Presiden RI Ke-8

Previous article

Generasi Muda Harus Waspadai Jaringan Teroris-Narkoba

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info