Flash InfoLifestyleNews

Menahan Buang Air Besar Dengan Memegang Batu

0

STARJOGJA.COM. LIFESTYLE. Menahan buang air besar dengan memegang batu adalah sebuah kepercayaan di masyarakat hingga saat ini. Padahal, di saat itu mereka juga akan mengalihkan pikirannnya ke hal lain sehingga rasa ingin untuk buang air besarnya hilang.

Ketika kebelet untuk buang air besar, padahal sedang berada di jalan dan jauh dari akses toilet tentu membuat siapa saja kebingungan. Biasanya, untuk mengatasi hal tersebut, seseorang tersebut akan mencari batu untuk dipegang atau dikantongi agar bisa menahan BAB.

Mengutip penjelasan pengguna akun Quora Krisna Adi yang menyebut dirinya dokter anak di RS Mitra Keluarga Slawi, hal tersebut ternyata mitos belaka. Berdasarkan penuturan dia, tanpa menggunakan batu, buang air besar juga bisa ditahan. “Intinya menahan hasrat BAB sangat dimungkinkan, dengan batu atau tanpa batu,” bunyi penjelasan dia.

Terkait benar atau tidaknya menahan buang air besar dengan cara memegang batu, dalam penelitian di laman Swiss German University, 67% sampel penelitian percaya akan mitos tersebut, dan masih dilakukan.

Dari hal tersebut, peneliti menyebut ada faktor sugesti yang muncul di pikiran mereka sehingga bisa manjur. “Hal paling utama yang membuat mitos ini berhasil dengan tujuannya adalah adanya sugesti dan kepercayaan subjek bahwa batu yang sedang ia gunakan akan berhasil meredakan hasrat buang air besarnya,” bunyi penjelasan dalam penelitian tersebut.

Percaya tidak percaya, bagaimana pun pendapat orang mengenai batu tersebut, hal itu tetap dilakukan. Karena cara tersebut adalah pertolongan pertama bagi orang yang ingin menahan buang air besar di saat dan waktu yang tidak tepat.

Meski memegang batu hanya bersifat sugesti saja, ada beberapa cara lain agar bisa untuk menahan buang air besar yang tentunya sehat dan tidak membahayakan bagi masyarakat yang ingin mencoba.

Beberapa di antaranya, hindari duduk atau jongkok, serta tidak mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, karena jika mengkonsumsi disaat kita menahan buang air besar, hal tersebut akan mendorong ingin keluar. Selain itu, kamu juga bisa mengontraksikan otot yang ada di anus dengan cara meremas bokong erat-erat dari dalam.

Penulis: Kristina Harefa

Nikmatnya Daharan Klangenan ala Kalluna Resto

Previous article

Pesan Elkan Baggot dan Rafael Struick yang Ingin Bermain di Luar Negeri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info