News

Strategi Pemkab Sleman Menghadapi Melonjaknya Harga Bahan Pokok

0
harga bahan pokok sleman
pasar murah sleman tekan harga bahan pokok (Dok. Perindag Sleman)
STARJOGJA.COM, Info  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman memiliki strategi dalam menghadapi melonjaknya harga komoditas bahan pokok seperti beras dan gula pasir. Salah satunya dengan terus menggelar pasar murah  di 17 kapanewon di Sleman dalam periode November-Desember 2023.

Selin itu Pemkab memastikan terjaganya daya beli masyarakat dan tersedianya komoditas bahan pokok di pasaran. Kegiatan serupa juga telah digelar pada periode 25 September hingga 6 Oktober 2023 kemarin.

Langkah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman menginisiasi pasar murah ini dapat diakses dengan mudah dengan menunjukkan KTP atau dokumen yang sah sebagai warga Sleman atau berdomisili Sleman. Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, berharap program pasar murah pada implementasi bisa menyentuh masyarakat miskin. Meski sebenarnya pasar murah diperuntukkan kepada seluruh warga Sleman.
“Besok (pasar murah) kalau memungkinkan ada penambahan stok. Agar semakin besar jumlah warga yang dapat mengakses pasar murah,” ungkap Danang Maharsa, Jumat 27 Oktober 2023, di Sleman.

Mae Rusmi Suryaningsih Kepala Disperindag Sleman memastikan akan menambah stok barang yang ditawarkan selain beras. Ia memastikan penambahan stok gula pasir. Mempertimbangkan harga gula pasir di pasaran belakangan mengalami lonjakan.

Untuk memastikan pasar murah dapat diakses secara adil, Mae Rusmi menyampaikan, ada pembatasan jumlah barang yang boleh dibeli. Pembatasan jumlah diberlakukan untuk beberapa komoditas. Ia mencontohkan, beras kualitas medium dan premium dibatasi maksimal 10 kilogram per orang.

Aturan yang sama juga berlaku pada gula pasir dan minyak goreng. Gula pasir maksimal per orang hanya boleh lima kilogram. Minyak goreng per orang maksimal pembelian dua liter, tidak boleh lebih.

“Tepung terigu maksimal 5 kilogram per orang, dan telur ayam maksimal 2 kilogram per orang,” ungkap Mae Rusmi Suryaningsih.

Informasi penawaran harga barang, untuk beras bervariasi sesuai kualitasnya. Beras medium Rp51.000 (5 kilogram), beras premium beraskita Rp58.000 (5 kilogram), dan beras premium bawana Rp.59.000 (5 kilogram).

Gula pasir maniskita Rp12.000 (1 kilogram). Minyak goreng minyakkita Rp11,500 (1 liter). Untuk tepung terigu tulip Rp8.500 (1 kilogram). Telur ayam Rp.22.000 (1 kilogram).

Bayu

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Serah Terima Rumah Baru

Previous article

50 Tahun God Bless Rayakan dengan Konser Emas with Tohpati

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News