Kota JogjaNews

OJK Gelar Puncak Bulan Inklusi Keuangan di Yogyakarta

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) di Yogyakarta. Program Ini digelar untuk semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan.

Dengan demikian diharapkan masyarakat dapat menggunakan produk dan atau layanan jasa keuangan secara lebih optimal untuk meningkatkan kesejahteraan dan memperkuat perekonomian nasional.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar, menyampaikan bahwa OJK dan seluruh Industri Jasa Keuangan (IJK) berkomitmen penuh mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan nasional yang penting bagi penguatan ekonomi nasional di tengah kondisi ketidakpastian ekonomi global.

“Kunci dari pertumbuhan dan penguatan ekonomi nasional tergantung kemampuan kita untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dengan memperhatikan literasi dan inklusi keuangan masyarakat,” ucap Mahendra dalam sambutannya di Yogyakarta, 28 Oktober 2023.

Lebih lanjut, Mahendra menambahkan, bahwa OJK akan memprioritaskan sejumlah segmen masyarakat yang perlu terus diperluas inklusinya seperti pada penyandang disabilitas dan masyarakat di wilayah terpencil.

“Peningkatan akses keuangan masyarakat khususnya bagi difabel dan masyarakat yang berada di daerah terpencil penting untuk terus dilakukan. Seluruh masyarakat berhak untuk mendapat perlakuan dalam mengakses produk dan layanan jasa keuangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi mengatakan OJK pun berkomitmen untuk terus melakukan terobosan untuk memperluas akses keuangan masyarakat termasuk kepada penyandang disabilitas yang harus didorong untuk mendapatkan akses keuangan yang sama.

“OJK telah menyusun panduan bagi LJK dalam memberikan pelayanan kepada penyandang disabilitas berupa Petunjuk Teknis Operasional (PTO) untuk Pelayanan Keuangan kepada Penyandang Disabilitas serta melakukan kegiatan literasi dan edukasi bekerja sama dengan Persatuan Penyandang Disabilitas di Indonesia,” ujar Kiki sapaan akrabnya dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, OJK juga telah memiliki infrastruktur literasi keuangan bagi penyandang disabilitas tuna netra, yaitu buku perencanaan keuangan dalam versi Braile.

Sebagai puncak kegiatan Bulan Inklusi Keuangan, diselenggarakan kegiatan Financial Expo (FinExpo) dilaksanakan pada 26-29 Oktober 2023 di Pakuwon Jogja Mall. FinExpo digelar untuk mendorong peningkatan pemahaman dan penggunaan produk dan/atau layanan jasa keuangan serta sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi antara Kementerian/Lembaga, LJK, Asosiasi dan E-commerce. Kegiatan FinExpo 2023 diikuti oleh 100 perserta.

Pada kegiatan ini dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain: pameran produk dan/atau layanan jasa keuangan dan UMKM, kampanye produk inklusi keuangan, serta edukasi dan sosialisasi produk/program inklusi keuangan.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan penyerahan tabungan bagi pelajar Sekolah Luar Biasa (SLB) sebanyak 1.000 tabungan dengan total Rp100 juta oleh Panitia FinExpo 2023.

Malioboro Run 2023 Ajak Menyusuri Sumbu Filosofi

Previous article

Arsitektur Prancis Restorasi Museum Nasional Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja