Flash InfoLifestyleNews

Gua Hang Son Doong Sebagai Gua Terbesar di Dunia

0
Gua Hang Son Doong Sebagai Gua Terbesar di Dunia

STARJOGJA.COM-JOGJA. Gua Hang Son Doong sebagai gua terbesar di dunia yang terletak di Vietnam telah memecahkan rekor.

Dalam penjelajahan terbaru, gua ini terbukti memiliki tinggi lebih dari 200 meter, lebar 175 meter, dan panjang mencapai 9,4 kilometer. Bahkan beberapa bagian gua ini memiliki tinggi mencapai 500 meter.

Son Doong pertama kali ditemukan pada tahun 1990 oleh seorang pria lokal, Ho Khanh, yang menemukan lubang dalam di dasar batu yang mengeluarkan angin dan bahkan kepulan awan. Namun, lokasinya terlupakan selama 19 tahun hingga ditemukan kembali oleh Howard Limbert, seorang penjelajah asal Inggris, dan timnya.

Tidak ada bukti bahwa ada orang yang pernah tinggal di Son Doong di masa lalu. Semua pintu masuk dan keluar melibatkan penurunan hampir vertikal setidaknya 85 meter dengan menggunakan peralatan teknis. Sebaliknya, kapak batu berusia 5.000 tahun ditemukan di gua terdekat, menunjukkan bahwa Son Doong yang relatif sulit diakses mungkin telah menghalangi penjelajah prasejarah.

Penjelajahan gua ini mengungkapkan keajaiban alam yang luar biasa. Tujuh spesies baru ikan, laba-laba, kalajengking, udang, kutu kayu, dan plankton ditemukan di dalam gua ini – semuanya berwarna putih dan tidak memiliki mata karena evolusi keberadaan mereka dalam kegelapan total.

Gua ini memiliki dua doline atau lubang runtuhan yang memungkinkan sinar matahari masuk dan memancar di dalam gua. Ada juga stalagmit terbesar di dunia dan hutan di dalam gua dengan pepohonan setinggi hingga 50 meter. Walau telah menjelajahi gua ini lebih dari 100 kali, antusiasme Limbert terhadap keindahan gua tersebut tetap tidak berkurang. Menurutnya, tidak ada tempat seperti ini di mana pun di dunia.

Meskipun gua ini terbuka untuk pengunjung, aksesnya sangat ketat dan dibatasi hingga 1000 pengunjung per tahun. Semua tur diatur oleh Oxalis Adventure Tours, di mana Howard Limbert adalah salah satu direktur teknisnya bersama istrinya, Deb. Tarif untuk menjelajahi gua ini sekitar $3000 atau sekitar Rp47 juta, dengan sebagian dari tarif tersebut disalurkan ke Taman Nasional Phong Nha Ke Bang. Tur ini berlangsung selama empat hari.

Gua Hang Son Doong telah mengubah lanskap Vietnam Tengah, dari daerah termiskin menjadi tujuan wisata dengan pertumbuhan tercepat di negara tersebut. Gua ini merupakan keajaiban bawah tanah yang mempesona dan menjadi salah satu daya tarik alam paling luar biasa di dunia.

Penulis: Destiara Hasna

Stadion Maguwoharjo Direnovasi, Wabub Sleman Ingin Manajemen PSS Beri yang Terbaik 

Previous article

Ini Penyebab Mobile Game Begitu Populer di Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info