NewsNusantara

10.000 Pelari Berlari di Borobudur Marathon 2023

0
Borobudur Marathon 2023

STARJOGJA.COM,MAGELANG – Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng digelar di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/11/2023). Mengusung tema “Voice of Unity”, acara tersebut digelar atas kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, Harian Kompas, dan Yayasan Borobudur Marathon.

Penyelenggaraan Borobudur Marathon tahun ini terasa spesial karena akan kembali seperti sebelum pandemi Covid-19. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang sama dengan penyelenggaraan Borobudur Marathon 2019. Borobudur Marathon 2023 diperkirakan bakal diikuti sekitar 10.000 orang yang terbagi ke dalam tiga kategori, yakni 10K, half marathon, dan marathon.

Gelaran tahun ini juga akan diikuti sejumlah pelari internasional dan nasional, di antaranya Agus Prayogo, Betmen Manurung, Odekta Naibaho, dan Pretty Sihite.Tidak hanya itu, sejumlah pelari muda berusia 15-18 tahun terpilih juga akan mengikuti kategori Bank Jateng Young Talent dengan jarak 10 km.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, Borobudur Marathon 2023 menjadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kota Magelang, Jawa Tengah. Sebab, ajang ini memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Nana berharap, pelaksanaan Borobudur Marathon 2023 dapat membuat Kota Magelang semakin dikenal luas oleh turis, baik lokal maupun mancanegara.

“Kota Magelang tidak hanya memiliki berbagai destinasi wisata bersejarah dan unik, tetapi juga sudah memiliki infrastruktur yang semakin berkembang dan meningkat untuk menunjang seluruh kegiatan wisata olahraga. Salah satunya, untuk para pelari di Borobudur Marathon 2023,” tutur Nana dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/11/2023).

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, Borobudur Marathon 2023 ini menjadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kota Magelang karena memberikan dampak positif bagi masyarakatnya.

“Dengan terlaksananya Borobudur Marathon di Kota Magelang, harapannya Kota Magelang semakin dikenal luas oleh turis secara lokal hingga mancanegara. Karena, tidak hanya memilikiberbagai destinasi wisata bersejarah dan unik, Kota Magelang juga sudah memiliki infrastruktur yang semakin berkembang dan meningkat untuk menunjang seluruh kegiatan wisata olahraga, salah satunya untuk para pelari di Borobudur Marathon 2023,” tutur Nana Sudjana.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo menjelaskan kesiapan pelaksanaan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder yang terlibat, seperti Dinas Perhubungan, medis setempat, pihak kepolisian, hinggamasyarakat sekitar. Dengan demikian, event ini diharapkan menyajikan pengalaman terbaik bagi para pelari Borobudur Marathon.

“Tahun ini, Borobudur Marathon juga mempunyai keinginan untuk naik level dengan mencoba membuka kesempatan menuju next step verifikasi untuk mendapatkan World Athletic Label. Selain itu, kita juga sudah menyiapkan cheering yang bertebaran di sepanjang rute untuk menjadi extra boost bagi para pelari, serta kegiatan seru lainnya, baik di Race Expo hingga saat Race Day nanti di Taman Lumbini, Candi Borobudur,” papar Budiman.

Terkait hal itu, Sekjen PB PASI Tigor Tanjung menyambut baik dan menjelaskan upaya serta komitmen Borobudur Marathon untuk meningkatkan kualitas standar event race menuju standar internasional. Turut hadir Richard Welsh, World Athletics Technical Delegate for Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng, yang memaparkan seputar World Athletics Label dan kesiapan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng menjadi event lari tingkat internasional.

YLKI : Hati-hati Saat Membeli Tiket Konser

Previous article

Sering Kesemutan Bisa Jadi Pertanda Penyakit

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News