Lifestyle

Sukses Panen dengan Integrated Smart Vertical Hydroponic Farming 

0
Integrated Smart Vertical Hydroponic Farming
Integrated Smart Vertical Hydroponic Farming (humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info  –  Mahasiswa UGM memiliki cara dalam meningkatkan produktivitas budidaya tanaman sayur hidroponik bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) Tuwuh Makmur, Padukuhan Santren, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, DIY. Cara itu adalah mengembangkan Integrated Smart Vertical Hydroponic Farming.

Pengembangan sistem pertanian hidroponik vertikal terintegrasi tersebut berawal dari keprihatinan Patrick Rino Parulian Hutahaean (Teknik Nuklir 2022), Anugrah Hasmy Abdillah (Teknik Nuklir 2022), Abdurrahman Raeva Rizaldi (Teknik Nuklir 2022), Thomas Panogari Manik (Teknik Nuklir 2021) dan Dian Rahmanisa (Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 2022) yang tergabung dalam tim PKM-PI, terhadap persoalan yang dihadapi oleh KWT Tuwuh Makmur.

KWT Tuwuh Makmur sempat mengalami kegagalan panen karena hidroponik berada di ruangan terbuka dan terpapar langsung sinar matahari dan hujan. Hal ini mengakibatkan adanya kerusakan tumbuhan karena tipburn, paparan hama, dan kualitas sirkulasi air yang buruk ketika hujan.

“Ketiga permasalahan ini yang menyebabkan tingginya tingkat kegagalan panen pada produksi sayur selada. Hal inilah yang mendorong kami untuk mengembangkan Integrated Smart Vertical Hydroponic Farming,” jelas Patrick.

Patrick menyampaikan KWT Tuwuh Makmur sejak tahun 2020 sudah melakukan budidaya tanaman sayur menggunakan hidroponik. Dengan implementasi Integrated Smart Vertical Hydroponic Farming diharapkan bisa mengefisiensikan penggunaan lahan pertanian sehingga produktivitas dapat meningkat.

 Alat yang terintegrasi dengan penambahan gelombang cahaya untuk optimasi proses fotosintesis juga menciptakan lingkungan yang terkontrol bagi tanaman.

“Hal ini dapat meminimalkan risiko kegagalan panen,”terangnya.

Penambahan teknologi Real Time Clock (RTC) akan memudahkan ibu-ibu KWT dalam proses pemeliharaan tanaman karena pompa dan cahaya growlight akan otomatis nyala dan mati.

“Sebelumnya, pergantian penjadwalan orang pada perawatan tanaman tidak menentu sehingga terkadang pompa tidak dinyalakan dan tanaman kurang terawat,” tutur Ibu Tri Sumiyati selaku ketua KWT Tuwuh Makmur.

Alat yang dikembangkan mahasiswa UGM ini telah digunakan di lahan produksi KWT Tuwuh Makmur yang berlokasi di Pelem Kecut, Padukuhan Santren mulai pertengahan Agustus 2023. Beberapa perubahan juga dilakukan oleh Tim PKM-PI karena adanya penyesuain dan perbaikan alat. Sosialisasi juga dilakukan agar penggunaan alat mampu secara optimal digunakan oleh ibu-ibu KWT.

Sementara Dian menambahkan dengan implementasi alat yang digunakan terlihat adanya peningkatan produktivitas pertanian. Dengan adanya Integrated Smart Vertical Hydroponic Farming ini, produktivitas alat yang sebelumnya hanya 30 tanaman per meter persegi meningkat menjadi 192 tanaman per meter perseginya.

“Peningkatan ini diikuti dengan penerimaan keuntungan yang ikut meningkat hingga 150% lebih tinggi daripada alat sebelumnya,”ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya penggunaan metode Integrated Smart Vertical Hydroponic ini mampu meningkatkan pangsa pasar pada KWT Tuwuh Makmur. Penerapan model ini juga diharapkan mampu menjadi inovasi dan upaya dalam proses perpindahan pertanian dari konvensional menuju modern.

Sumber:   Antara

Baca juga : Eastparc Hadirkan Konsep “My Eastparc Experience”

Bayu

Sleman Hadirkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer

Previous article

Dasawarsa Warga Yogyakarta Hidup bersama Nyamuk Ber-Wolbachia  

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle