News

Tahun Ini UGM Tambah 101 Guru Besar Baru 

0
Pendidikan 3T
Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM
STARJOGJA.COM, Info – Sebagai universitas terpandang Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun ini berhasil menambah 101 guru besar baru dari berbagai bidang. Tambahan jumlah guru besar ini membuat UGM sampai saat ini memiliki 465 guru besar aktif.

Capaian tersebut menjadikan UGM sebagai perguruan tinggi yang berhasil mencetak guru besar terbanyak sepanjang tahun 2023. Hal itu diungkapkan Direktur Sumber Daya Manusia UGM Prof. Suadi, S.Pi., M.Agr.Sc., Ph.D., Kamis (13/12) di Kampus UGM.

Suadi mengatakan penambahan guru besar yang cukup signifikan di tahun 2023 ini merupakan wujud komitmen UGM dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas. Dengan kualifikasi tenaga pengajar dengan jabatan fungsional guru besar diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan di UGM untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan khususnya peningkatan indeks pembangunan manusia.

“Pendidikan menjadi kunci bagi pembangunan suatu bangsa sehingga kualitas pendidikan harus terus ditingkatkan. Dengan adanya guru besar baru ini harapannya kedepan bisa memperbesar kontribusi dan kebermanfaatan tidak hanya  bagi dunia kampus namun juga masyarakat luas,”paparnya.

Lebih lanjut Suadi menungkapkan 101 guru besar baru tersebut berasal dari 16 fakultas di UGM. Fakultas Teknik UGM menjadi fakultas terbanyak menghasilkan guru besar di tahun 2023 yakni dengan 24 guru besar baru. Diikuti FKKMK dengan 14 guru besar, Fakultar Pertanian 8 guru  besar, FMIPA 8 guru besar, Fakultas Farmasi 7 guru besar, Fakultas Peternakan 7 guru besar, Fakultas Geografi 6 guru besar, FKH 6 guru besar, dan Fakultas Kehutanan 6 guru besar. Berikutnya, FTP 4 guru besar, FKG 3 guru besar, FEB 3 guru besar, Fakultas Biologi 2 guru besar, FIB 1 guru besar, FISIPOL 1 guru besar, serta SV 1 guru besar.

Keberhasilan UGM mencetak guru besar baru dalam jumlah besar dalam satu tahun terakhir disebutkan Suadi tak lepas dari upaya UGM dalam mempercepat proses kenaikan pangkat atau jabatan dosen. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan perbaikan proses administrasi pengurusan penilaian angka kredit (PAK) dan kerja kolektif antar dosen dan tenaga kependidikan di departemen, fakultas, serta universitas. Lalu, melakukan pemetaan posisi capaian dosen terkait kinerja pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Diiringi dengan pengembangan bagan alur proses penilaian angka kredit dan penyelenggaraan workshop untuk pengerjaan berkas pengusulan kenaikan pangkat.

Direktorat Sumber Daya Manusia bersama Direktorat Teknologi Informasi juga berupaya mengembangkan dan memanfaatkan dashboard ke-SDM-an. Hal tersebut ditujukan untuk membantu memetakan capaian angka kredit dosen dengan menarik data tridharma dari Simaster UGM sehingga memudahkan memonitor capaian angka kredit yang diraih setiap dosen, serta menyusun beberapa program prioritas ke-SDM-an.

Suadi mengatakan adanya Permen PANRB No.1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional turut memengaruhi penambahan guru besar yang signifikan di UGM. Permen tersebut mendorong dosen untuk memeriksa capaian angka kredit agar dapat dilakukan pengajuan kenaikan pangkat jabatan atau pengakuan angka kredit.

 

Sumber :  Humas UGM
Bayu

Sinergi, Kolaborasi dan Komitmen dalam Mewujudkan Implementasi Kartu Tani untuk Penebusan Pupuk

Previous article

Melihat Dunia Penuh dengan Mutan di Film The Animal Kingdom

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News