Lifestyle

Alasan Relawan MER-C Mau Kembali ke Tanah Air dari Palestina

0
KTT kemanusiaan Gaza
kondisi di pelestina (anatara)
STARJOGJA.COM, Info  – Farid Zanzabil Al Ayubi relawan lembaga kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Sebelumnya ia bertugas di Gaza sebelum kembali ke tanah air Selasa malam tadi.

“Alasan saya keluar itu karena keamanan,” kata Farid dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Farid adalah salah satu dari tiga relawan MER-C yang bertugas di Rumah Sakit  Indonesia di Jalur Gaza selama Israel menyerang kantong Palestina tersebut.

Dua lainnya, yakni Fikri Rofiul Haq dan Reza Aldilla Kurniawan, memilih tetap di Gaza guna melanjutkan kerja kemanusiaan di Gaza.

Farid berangkat dari bandara di Kairo pada Selasa sekitar pukul 8.30 waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Selasa malam sekitar pukul 24.00 WIB.

Dalam konferensi itu, Farid mengisahkan perjalanannya kembali ke tanah air, mulai dari ketika dia dan  dua rekannya serta warga Gaza dievakuasi dari RS Indonesia di Gaza, sampai saat dia ditawari evakuasi ke Mesir.

Saat dievakuasi dari Jalur Gaza utara menuju Jalur Gaza selatan, Farid mengaku harus melewati pemeriksaan cukup sulit di pos pemeriksaan yang dijaga ketat oleh Israel.

Untungnya dia dan dua rekannya berhasil melewati pos pemeriksaan itu dan selanjutnya mencari tempat perlindungan di sekolah yang berada di belakang Rumah Sakit Eropa di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan, bersama warga Gaza lainnya.

Selama di Jalur Gaza selatan, Farid dan relawan MER-C lainnya terus membantu warga Gaza di tempat penampungan dengan membuat program pembagian makanan bagi warga Gaza dengan bantuan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia melalui MER-C.

Farid akhirnya ditawari dievakuasi keluar Gaza, tapi dalam tidak bisa langsung keluar dari Gaza.

“Saya tidak bisa langsung keluar dari Rafah, enggak keluar dari Jalur Gaza. Saya menunggu kurang lebih dua minggu untuk mendapat konfirmasi bahwa saya bisa keluar dari Jalur Gaza,” kata Farid.

Farid mengungkapkan hingga saat ini Israel memperluas serangan ke Jalur Gaza selatan. Oleh karena itu, demi alasan keamanan, Farid memilih kembali ke Indonesia.

 

Bayu

Tak Hanya Perbaiki Mood, Ini Manfaat Makan Es Krim Bagi Kesehatan

Previous article

Tidak Hanya Lezat, Ini Manfaat Konsumsi Sushi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle