HealthLifestyle

Tak Hanya Perbaiki Mood, Ini Manfaat Makan Es Krim Bagi Kesehatan

0
Manfaat Makan Es Krim

STARJOGJA.COM, Es krim memang makanan favorit banyak orang, bukan cuma anak-anak tapi juga orang dewasa. Es krim punya sensasi dingin, tekstur lembut dan rasa yang manis, sehingga cocok untuk dikonsumsi ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Akan tetapi, es krim selalu dianggap sebagai penyebab utama batuk dan pilek. Padahal, hal tersebut belum terbukti secara ilmiah serta ternyata ada banyak manfaat es krim yang baik untuk tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, cari tahu selengkapnya lewat ulasan berikut ini.

Tambahan Energi

Selain terasa menyegarkan, ternyata es krim juga dapat membantu menambah energi karena memiliki kandungan kalori.

Hal ini sejalan dengan pendapat dr. Gia Pratama yang mengatakan bahwa makanan dingin ini merupakan sumber energi yang mudah untuk dicerna.

Jadi, makan es krim bisa jadi pilihan yang tepat jika kamu lelah beraktivitas seharian dan butuh tambahan energi dalam waktu yang cepat.

Bantu Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Meski sering dianggap sebagai makanan yang bisa memberikan kenikmatan semata, nyatanya beberapa es krim punya kandungan nutrisi yang cukup lengkap.

“Terdapat beberapa es krim yang mengandung vitamin, kalsium, dan protein, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi,” tutur Dokter Gia.

Tentu, kamu harus pilah-pilih dan baca dengan teliti komposisi serta nilai gizi dari es krim tersebut. Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah es krim tersebut punya manfaat bagi tubuhmu atau tidak.

Bantu Meningkatkan Mood

Makan yang manis dan dingin memang bisa bikin mood kembali ceria. Lantas sebenarnya, bagaimana bisa makan es krim dapat meningkatkan mood?

Menurut dr. Gia, ketika makan es krim, semua panca indera kamu akan terpancing dan terstimulasi. Dari mulai rasa, aroma, suhu, bahkan hingga bentuk dan warna es krim memanjakan indera kamu.

“Dengan begitu, hormon-hormon bahagia, seperti serotonin akan muncul. Sehingga dapat bantu memperbaiki suasana hatimu, “ jelas dr. Gia.

Sejalan dengan pernyataan dokter Gia, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Well-being, menyatakan bahwa makan es krim bisa mengaktifkan bagian korteks pada otak. Bagian otak ini menganggap bahwa makan es krim sebagai salah satu “reward” yang akhirnya menimbulkan rasa bahagia.

Karenanya, tak heran es krim menjadi camilan favorit keluarga, karena bisa dinikmati oleh semua kalangan, baik itu orang dewasa, remaja, hingga anak-anak.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Sumber : Klikdokter 

Jadwal Pemadaman Listrik DIY Kamis, 14 Desember 2023

Previous article

Alasan Relawan MER-C Mau Kembali ke Tanah Air dari Palestina

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health