Kab GunungkidulNews

Merayakan Tahun Baru 2024 dengan Wajar

0
tradisi unik malam tahun baru
ilustrasi perayaan pergantian tahun gunungkidul (ist)

STARJOGJA.COM, Info  –  Merayakan Tahun Baru 2024 menjadi perhatian Bupati Gunungkidul, DIY, Sunaryanta. Bupati Gunungkidul ini mengimbau masayrakat agar merayakan tahun baru dengan sewajarnya dan menjaga keamanan di masa kampanye Pemilu 2024.

“Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 harus diisi dengan kegiatan yang positif, dengan gembira, jangan ada kerusuhan yang justru merugikan masyarakat,” kata Sunaryanta di Gunungkidul, Kamis.

Ia mengatakan Pemkab Gunungkidul menggelar pesta kembang api dan pentas musik di Alun-alun Wonosari. Kegiatan ini untuk memberikan hiburan kepada masyarakat umum.

“Intinya aman, nyaman, dan tentram. Boleh merayakan, tapi jangan berlebihan sewajarnya saja,” katanya.

Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri menambahkan jumlah personel yang disiapkan untuk pengamanan Operasi Lilin Progo 2023 sebanyak 456 orang, terdiri dari TNI, Polri, dan pemangku kepentingan lain.

“Pengamanan akan dimulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Untuk personel Polri sendiri sebanyak 241 personel,” katanya.

Edy Bagus meminta masyarakat tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Ia mengaku tilang manual maupun E-Tilang tetap diberlakukan bagi masyarakat yang melanggar peraturan.

“E-Tilang nanti akan mobile dan saya ingatkan masyarakat tetap mematuhi peraturan yang berlaku,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan jelang libur natal dan Tahun Baru beberapa hal telah disiapkan, termasuk angkutan sesuai surat Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait pelaksanaan ramp check.

“Kami telah melaksanakan ramp check angkutan sungai dan telaga bersama BPTD. Ramp check angkutan barang dan penumpang di jalan raya dan terminal bersama Polri, TNI dan Pol PP,” kata Rakhmadian.

Dishub, lanjutnya, mendirikan Posko Pemantauan Lalu Lintas di tiga tempat yakni Patuk, Bundaran Tugu Tobong Siyono, dan Pos Pantai Baron. “Kami tempatkan personel di setiap pos pantau,” katanya.

Sumber:  Antara

Baca juga : BMKG Akan Modifikasi Cuaca Saat Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Bayu

Vatikan Tidak Mengakui Perkawinan Sesama Jenis

Previous article

UGM Tunggu Sampel Covid-19 dari Dinkes DIY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *