News

Alasan Prabowo Subianto Ingin Unhan Gagas Rumah Panggung dan Terapung

0
Prabowo Subianto
Prabowo Subianto (bisnis)

STARJOGJA.COM, Info – Prabowo Subianto Menteri Pertahanan (Menhan), melihat kesulitan warga pantura dalam menghadapi tantangan permukaan tinggi. Oleh karenanya ia ingin agar Universitas Pertahanan (Unhan) RI bisa memulai dalam peaksanaan pilot project pembuatan rumah panggung dan terapung.

“Jadi saya tugaskan Universitas Pertahanan untuk melakukan pilot project membuat pemukiman murah di kawasan terendam air,” ujar Prabowo saat menjadi keynote speaker dalam seminar nasional bertajuk Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall) di Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Lebih lanjut, Prabowo mengatakan dengan bantuan PT PAL, PT Len, serta para engineer dari Universitas Pertahanan, saat ini telah ditemukan dua prototipe rumah murah terapung dengan nilai sebesar Rp130 juta.

“Kami sudah menemukan prototipe dibantu oleh PT PAL ahli kapal dan PT Len dengan para engineer dari Universitas Pertahanan. Kami menemukan dua prototipe, rumah murah terapung yang nilainya Rp130 juta. Sudah termasuk solar panel tenaga surya, dan septic tank. Jadi dia bisa hidup tanpa tergantung PLN dan dengan sanitasi yang bersih,” kata Prabowo.

Prorotipe tersebut sudah dimulai. Menurut Prabowo pihaknya menganggarkan sebesar Rp150 juta. Dia berharap dengan adanya program tersebut, masyarakat Indonesia yang tinggal di Pantura dapat hidup dengan layak.

Menteri Kelautan dan Perikanan disebut Prabowo juga telah melakukan program serupa dengan membuat desa nelayan. Prabowo juga berharap dapat muncul replikasi-replikasi di sejumlah wilayah lainnya.

“Tentunya saya berharap nanti tokoh-tokoh, pengusaha dan sebagainya kalau ingin sedikit membantu, ya mungkin bisa ikut dalam projek ini. Saya juga mendorong kementerian-kementerian lainnya ikut mendukung dengan regulasi dan sebagainya supaya kita segera mengubah kualitas hidup rakyat kita,” pungkas Prabowo.

Prabowo pun mendukung realisasi giant sea wall di Pantura bersama menteri lainnya untuk mencegah warga terdampak banjir rob.

“Kita harus kumpulkan otak-otak terbaik bangsa. Percepat pembangunan giant sea wall,” ujarnya.

 

Baca juga : Prabowo Jelaskan Rencana Induk Keamanan Indonesia

Bayu

UGM Buka Pendaftaran Pengawas Independen Pemilu 2024 Bagi Mahasiswa

Previous article

Visa Hallyu, Visa Khusus Penggemar K-Pop

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News