Kota JogjaNews

PLN Raih Penghargaan Indonesia CSR Award (ICA)

0
PLN Raih Penghargaan Indonesia CSR Award (ICA)

STARJOGJA.COM, JOGJA – PLN Raih Penghargaan Indonesia CSR Award (ICA). Capaian ini didapat dari program yang dilakukan di  Sepanjang tahun 2023.

PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta telah berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Berbagai program peningkatan keterampilan, pendidikan hingga program pemberdayaan masyarakat dikembangkan guna meningkatkan daya saing dan peluang pekerjaan bagi masyarakat setempa serta terciptanya kemandirian ekonomi.

Untuk merealisasikan program tersebut, pada tahun 2023 PLN UP3 Yogyakarta menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1.188 Milyar. Hal ini sejalan dengan program PLN yang terus berkomitmen mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan sebagai ekosistem penyangga seluruh kehidupan sejalan dengan pilar lingkungan Sustainable Development Goals (SDGs).

Salah satu program yang mendapat perhatian oleh PLN pada tahun lalu adalah pengembangan Eduwisata Kampung Madu Kedungpoh Lor. Program pengembangan ini akan difokuskan pada berbagai kegiatan termasuk pembuatan pasar sore dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat sekitar tentang diversifikasi produk madu dan hasil pertanian.

Adi Dwi Laksono Manager PLN UP3 menyampaikan bahwa bantuan ini sebagai wujud dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan terhadap pembangunan dan pemberdayaan komunitas setempat.

“Di sini bantuan PLN dimanfaatkan untuk budidaya dan menanam tanaman sebagai pakan dari lebah madu. Mudah-mudahan bantuan dari PLN ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan UMKM bagi masyarakat Kedungpoh, Gunungkidul, Yogyakarta”, ucap Adi.

Untuk mewujudkan program ini, PLN bersinergi dengan Fakultas Biologi UGM dalam pemberdayaan ekonomi dan pendampingan. Bentuk bantuan yang telah disalurkan diantaranya seperti pengadaan koloni dan peti lebah, mesin pencacah bahan kompos pupuk organik dan pembuatan fasilitas pengolahannya serta pengadaan dan penanaman keberagaman tanaman pakan lebah.

Disamping pengembangan pada Edukasi Kampung Madu Kedungpoh Lor, bantuan sarana lanjutan diberikan kepada Sekolah Sungai Siluk yang telah menjadi binaan PLN Peduli sejak tahun 2018. Bantuan TJSL kali ini diwujudkan dalam bentuk program edukasi Sekolah Sungai Siluk, joglo, skuter listrik, sound system dan pembangunan parkiran sepeda.

” Atas kepedulian PLN dalam membina Sekolah Sungai Siluk, pada tahun 2023 Sekolah Sungai Siluk mendapatkan apresiasi Indonesia CSR Award (ICA) untuk Gold Category Award,” lanjutnya.

Wisata Edukasi Sekolah Sungai Siluk yang terletak di Jl. Imogiri Siluk, Kec. Imogiri, Bantul, Yogyakarta merupakan sekolah bagi masyarakat yang ingin belajar secara gratis, beberapa aktivitas ditawarkan di tempat ini mulai dari kegiatan kesenian dan kebudayaan, kursus menggambar, dan berkeliling menggunakan sepeda. Sekolah Sungai Siluk awalnya hanya merupakan tempat pembuangan sampah dari warga.

Adi turut menambahkan bahwa ada satu program PLN Peduli yang memberikan bantuan dalam hal pengelolaan UMKM, yakni Rumah BUMN

.” PLN melalui Rumah BUMN memberikan bantuan pengelolaan UMKM seperti pengembangan coffe shop dan co-working space. Dimana Rumah BUMN bekerjasama dengan dinas terkait sampai dengan perbankan mulai cara penyediaan permodalan, pengemasan sampai ke purna jual. Bahkan Rumah BUMN tahun lalu sukses go international memperkenalkan produk dalam negeri pada gelaran expo di Turki. “ pungkas Adi

Jangan Terlena, Ini Tanda Berada di Hubungan yang Salah

Previous article

Apa Itu Penyakit Polio?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja