HealthLifestyle

Manfaat Konsumsi Cokelat Bagi Penderita Darah Tinggi

0
Manfaat Konsumsi Cokelat Bagi Penderita Darah Tinggi

STARJOGJA.COM, Penyakit darah tinggi mengacu pada kesehatan jantung manusia. Oleh karenanya, dianjurkan untuk mengikuti pola makan sehat.

Dilansir dari The Sun, salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi adalah cokelat. Karena cokelat memiliki kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, terutama bagi penderita darah tinggi.

Diketahui kalau kakao mengandung zat antioksidan yang tinggi berupa flavanol. Kandungan ini dapat membantu dalam melonggarkan arteri dan pembuluh darah sehingga tidak memicu tekanan darah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Surrey menjelaskan kalau orang yang mengonsumsi suplemen dengan kandungan utama kakao akan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan pembuluh darah lebih lebar dalam kurun waktu 3 jam.

“Dampak positif flavanol kakao pada sistem kardiovaskular kita tidak dapat disangkal,” ujar Profesor Christian Heis, penulis studi tersebut.

Heis juga mengatakan kalau rata-rata manusia mengonsumsi flavanols dengan takaran 3 kali lebih rendah dari yang dianjurkan. Maka ia merekomendasikan untuk mengonsumsi flavanols yang dapat ditemui pada cokelat lebih banyak agar manfaatnya lebih cepat dirasakan tubuh.

Baca juga : Star Insight : Star FM Welcoming 2024 and Thanks to 2023

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Nutrition, mengamati bahwa 11 orang bergantian mengonsumsi cokelat setiap harinya. Hasilnya ditemukan tekanan darah lebih rendah bagi mereka yang rutin mengonsumsi cokelat.

Selain itu, mengonsumsi cokelat secara rutin juga membantu pembuluh darah dapat bekerja lebih baik. Karenanya risiko penyakit darah tinggi dapat dihindari.

Mengutip dari CVG Cares, jenis cokelat yang baik dikonsumsi adalah cokelat hitam atau dari chocolate. Anda bisa menjadikan cokelat hitam sebagai camilan untuk asupan kakao lebih tinggi dalam tubuh.

Flavonoid dalam cokelat hitam telah ditemukan untuk menghasilkan oksida nitrat, yang menyebabkan pembuluh darah rileks dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Baekhyun EXO Akan Konser di Jakarta Juni Mendatang 

Previous article

Prabowo: Tujuan Baik akan Membawa ke Arah yang Baik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health