HealthLifestyle

Bolehkah Makan Mie Instan Tiap Hari?

0
Bolehkah Makan Mie Instan Tiap Hari

STARJOGJA.COMMie instan sendiri adalah mie yang telah dikukus dan dikeringkan (dalam keadaan matang). Kemudian mie akan dimasak atau direndam dalam air panas sebelum dimakan.

Mie instan menjadi salah satu makanan cepat saji yang banyak disukai orang. Umumnya, mie ini dijual bentuk kemasan cangkir, atau mangkuk tersendiri.

Namun, sebagian besar mie instan mengandung tinggi natrium dan monosodium glutamat (MSG), yakni bahan tambahan makanan untuk meningkatkan rasa pada makanan olahan.

Walaupun MSG aman untuk dikonsumsi, Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, membeberkan bahwa MSG berpotensi memiliki dampak terhadap kesehatan.

Berapa Kali Batas Makan Mie Instan dalam Seminggu?

Menurut ahli Gizi Universitas Surabaya, Tri Kurniawati, sebaiknya makan mie instan tidak lebih dari 2 bungkus dalam seminggu.

“Mie instan juga bisa berbahaya bagi kesehatan, hal ini dikarenakan dalam satu porsi mie instan biasanya mengandung lemak dan natrium yang tinggi, namun rendah serat, vitamin dan mineral. Pola konsumsi mie instan berpengaruh positif terhadap obesitas abdominal dan hiperkolesterolemia,” ungkap Tri, dikutip dari laman um-surabaya.ac.id.

Namun jika konsumsi mie instan dalam jumlah sedang, kemungkinan besar tidak akan menimbulkan efek kesehatan yang negatif.

Apakah Aman Mengkonsumsi Mie Instan Setiap Hari?

Jangan jadikan mie instan sebagai makanan pokok atau dimakan setiap hari. Pasalnya, kandungan nutrisinya rendah.

“Mie instan belum bisa dianggap sebagai makanan sehat karena tidak memenuhi kebutuhan gizi seimbang tubuh. Pemenuhan kebutuhan nutrisi mie instan bisa diperoleh jika ada tambahan sumber nabati dan protein,” terang Tri.

Oleh karena itu, mengkonsumsi mie instan sebaiknya menambahkan tambahan sayuran dan protein seperti telur, ayam, daging dan sumber protein lainnya.

Dilansir dari laman Healthline, terlalu sering makan mie instan dikaitkan dengan kualitas makanan yang buruk dan peningkatan risiko sindrom metabolik.

Jadi, menikmati mie instan sesekali tidak masalah. Hal ini berlaku selama kamu juga menjaga pola makan yang sehat dan menyeluruh.

Lebih baik lagi, kamu memilih mie instan yang rendah natrium atau yang dibuat biji-bijian karena memberikan peningkatan nutrisi pada mie instan.

Menyajikannya dengan tambahan sayuran dan sumber protein juga bisa jadi alternatif sehat untuk menikmati mie instan.

Baca juga : Star Insight : Star FM Welcoming 2024 and Thanks to 2023

Promosi Obat Tradisional Tidak Boleh Menyesatkan Publik

Previous article

Perlukah Program Pembelian Layanan (Buy The Service) Dilanjutkan?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health