HealthLifestyle

Penderita Asam Lambung, Hindari Jenis Buah Ini  

0
Penderita Asam Lambung, Hindari Jenis Buah Ini  

STARJOGJA.COM, Buah-buahan umumnya merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun bagi pengidap penyakit asam lambung, ada beberapa jenis buah yang harus dihindari karena bisa menyebabkan asam lambung naik, atau memperburuk gejala yang ditimbulkan.

Tidak selalu mudah mengidentifikasi buah apa saja yang menyebabkan asam lambung naik, karena pemicu naiknya asam lambung pada tiap orang bisa berbeda-beda.

Dikutip dari Healthline, naiknya asam lambung ketika mengonsumsi makanan tertentu bisa terjadi karena kandungan asam dalam makanan tersebut mempengaruhi jumlah asam lambung yang diproduksi, atau mempengaruhi fungsi lower esophageal sphincter (LES) yang membatasi lambung dengan kerongkongan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut buah-buahan penyebab asam lambung naik yang sebaiknya dihindari jika punya riwayat GERD.

Lemon

Berbicara tentang buah asam, tentu lemon akan menjadi salah satu yang terlintas di pikiran. Buah berwarna kuning ini memang memiliki kadar asam yang sangat tinggi sehingga harus dihindari oleh pengidap penyakit asam lambung.

Dikutip dari laman Australian Academy of Science, lemon memiliki derajat keasaman (pH) sekitar 2. Hal ini pula yang membuat lemon memiliki rasa yang sangat asam.

Jeruk

Tidak hanya lemon, jeruk juga termasuk salah satu buah yang perlu dibatasi oleh pengidap asam lambung. Pasalnya buah ini memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi.

Derajat keasaman atau pH memiliki skala 0-14. Semakin rendah angkanya, maka semakin tinggi pula derajat keasaman sebuah makanan. Jeruk memiliki pH sekitar 3,69-4,34, sehingga membuatnya berpotensi menyebabkan asam lambung naik.

Limau Gedang

Limau gedang, atau yang disebut juga dengan grapefruit, adalah buah berbentuk jeruk tapi dengan daging buah berwarna kemerahan. Sama seperti buah sitrus lainnya, limau gedang memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi dengan pH 2,9-3,3.

Tomat

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, tomat juga sering diolah menjadi saus atau penyedap masakan. Namun, konsumsi buah merah ini ternyata perlu dibatasi oleh pengidap penyakit asam lambung.

Pasalnya, tomat memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi dengan pH sekitar 4,05-4,65. Sehingga, terlalu sering mengonsumsi tomat dan produk olahannya dapat menyebabkan asam lambung naik.

Nanas

Selain jenis jeruk, buah lain yang juga menyebabkan asam lambung naik adalah nanas. Nanas memiliki pH sekitar 3-4. Karenanya, pengidap penyakit asam lambung sebaiknya membatasi konsumsi buah satu ini.

Apel Hijau

Berbeda dengan apel merah, apel hijau cenderung memiliki rasa yang lebih asam. Karenanya, mengonsumsi apel hijau secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan memperparah gejala penyakit asam lambung.

Baca juga : Star Insight : Star FM Welcoming 2024 and Thanks to 2023

Ini Dia Makanan Favorit Psikopat

Previous article

Santika Best Wedding Deals Wujudkan Pernikahan Impian

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health