HealthLifestyle

Kebiasaan Buruk Yang Bisa Memancing Kanker

0
waspada panas ekstrim
Risiko kanker kulit meningkat jika terpapar sinar matahari dalam waktu lama

STARJOGJA.COM, Kanker merupakan penyakit yang muncul salah satunya karena gaya hidup yang tidak sehat. Jika tidak dikendalikan, beberapa perilaku dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker. Dilansir dari Timesofindia, masyarakat dapat menurunkan risiko kanker secara drastis dengan menjadikan kesehatan sebagai prioritas.

Untuk melindungi kesehatan dan mungkin menurunkan risiko kanker, orang harus mempertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan berikut :

Mager

Ada korelasi antara gaya hidup yang tidak banyak bergerak alias mager dan risiko lebih tinggi terkena penyakit ganas tertentu. Sering berolahraga meningkatkan pertahanan tubuh terhadap kanker selain membantu menjaga berat badan yang sehat. Memasukkan olahraga dalam rutinitas sehari-hari dapat menjadi terobosan dalam pencegahan kanker.

Paparan berlebihan terhadap sinar UV​

Risiko kanker kulit meningkat jika terpapar sinar matahari dalam waktu lama tanpa perlindungan yang tepat. Kekhawatiran lainnya adalah tanning bed, yang merupakan sumber sinar UV buatan.

Menggunakan tabir surya, mengenakan pakaian pelindung, dan mencari tempat berteduh adalah contoh perilaku aman dari sinar matahari yang dapat melindungi kulit dari sinar UV.

Pola makan yang tidak sehat​

Penelitian telah menghubungkan peningkatan risiko kanker dengan pola makan tinggi makanan olahan, tinggi lemak jenuh, dan rendah buah dan sayuran. Pola makan nabati yang kaya akan buah-buahan dan sayuran dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu dengan menyediakan nutrisi penting, antioksidan, dan serat.

Baca juga : Star Insight : Star FM Welcoming 2024 and Thanks to 2023

Mengabaikan pemeriksaan kesehatan reguler​

Pemeriksaan dan pemeriksaan kesehatan rutin dapat terabaikan jika diabaikan. Pemeriksaan berkala yang dilakukan secara individual berdasarkan usia dan faktor risiko dapat mendeteksi kanker pada tahap awal, saat kanker paling dapat disembuhkan, sehingga meningkatkan kemungkinan bahwa pengobatan akan efektif.

Terlalu banyak Alkohol​

Asupan alkohol yang berlebihan telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena banyak penyakit ganas, seperti kanker kolorektal, payudara, dan hati. Mengurangi atau berhenti menggunakan alkohol dapat membantu mengurangi risiko ini.

Untuk kesehatan dan kesejahteraan umum setiap orang, moderasi sangatlah penting, dan penggunaan alkohol harus dipertimbangkan dengan hati-hati.

Merokok

Merokok masih menjadi penyebab utama kanker, terutama kanker kandung kemih, tenggorokan, dan paru-paru. Tembakau mengandung senyawa beracun yang dapat melukai sel, mengakibatkan perubahan genetik dan peningkatan risiko kanker.

Selain meningkatkan kesehatan pernapasan dan menurunkan risiko penyakit ganas yang fatal, berhenti merokok merupakan langkah awal yang penting dalam pencegahan kanker.

Sumber :  Bisnis.com

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Sejarah Kue Tart

Previous article

Popkab Cara Bantul Jaring Atlet Pelajar untuk Popda DIY 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health