Flash InfoHealthNews

Wow, Kimchi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

0
kimchi berat badan

STARJOGJA.COM, HEALTH – Tak banyak yang tahu kalau kimchi bisa turunkan berat badan.

Kimchi merupakan makanan khas dari Korea Selatan yang disukai banyak orang terutama penggemar Kpop dan drakor. Selain rasanya yang segar dan otentik, ternyata kimchi juga bisa membantu menurunkan berat badan lho.

Penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal menunjukkan bahwa mengonsumsi kimchi setiap hari dapat membantu upaya penurunan berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

Kimchi adalah hidangan fermentasi kubis dan sayuran yang secara tradisional ditemukan di Korea. Dilansir dari Express, penelitian sebelumnya telah membuktikan manfaatnya bagi kesehatan usus, namun penelitian terbaru ini menetapkan bahwa kimchi kubis dapat menurunkan risiko obesitas pada pria, sementara kimchi yang dibuat dengan lobak dapat membantu pria dan wanita melawan kelebihan berat badan.

Sebagai bagian dari penelitian, tim dari Korea Selatan menganalisis data lebih dari 115.000 orang berusia antara 40 dan 69 tahun.  Mereka ditanyai tentang konsumsi kimchi melalui kuesioner makanan.

Hal ini menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi satu hingga tiga porsi kimchi kubis per hari mengalami penurunan risiko obesitas sebesar 11 hingga 12 persen jika dibandingkan dengan pria yang makan kurang dari satu porsi per hari.

Dan pria yang makan hingga tiga porsi sehari memiliki kemungkinan 10 persen lebih kecil untuk mengalami obesitas dan memiliki lemak berlebih di sekitar perut.

Di kalangan perempuan, risikonya delapan persen lebih rendah. Di antara pria dan wanita yang makan kimchi yang terbuat dari lobak, terdapat risiko sembilan persen lebih rendah terjadinya lemak di sekitar perut. Namun, tim menyimpulkan bahwa tidak ada manfaatnya mengonsumsi lebih dari tiga porsi kimchi sehari.

Orang yang makan lebih banyak porsi umumnya cenderung makan makanan lain dengan porsi lebih besar, sehingga menempatkan mereka pada risiko lebih besar mengalami kelebihan berat badan.

Para ahli juga mencatat kekhawatiran tentang kandungan garam pada kimchi. Dalam penelitian tersebut mereka mengatakan karena kimchi adalah salah satu sumber utama asupan natrium, jumlah yang moderat harus direkomendasikan untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari komponen lainnya”.

Kimchi dapat dibuat dengan berbagai cara tetapi biasanya menggunakan sayuran seperti kubis, lobak, dan bawang bombay, serta rempah-rempah seperti bubuk cabai merah, bawang putih, dan jahe.

Para ilmuwan sebelumnya mengatakan bahwa bakteri “baik” dalam makanan fermentasi seperti kimchi baik untuk usus dan juga dapat berpengaruh pada berat badan.

Belajar Mengaji dengan Platform Aplikasi Digital Ngaji.ai

Previous article

Kekurangan Kalium Bisa Bikin Sering Kram Otot

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info