Flash InfoLifestyleNewsSport

Pecahkan Rekor, Enam Pasang Sneaker Michael Jordan Dijual Seharga US$8 Juta

0
Sneaker Michael Jordan
Foto: Courtesy of Sotheby's via AP

STARJOGJA.COM, SPORT – Pecahkan Rekor, Enam Pasang Sneaker Michael Jordan Dijual Seharga US$8 Juta.

Koleksi sepatu kets yang digunakan oleh bintang basket dunia Michael Jordan ketika dia dan Chicago Bulls memenangkan enam gelar NBA, telah berhasil dijual lewat sebuah lelang di New York dengan harga US$8 juta, ungkap rumah lelang Sotheby’s. Penjualan tersebut memecahkan rekor untuk penjualan sebuah sepatu kets.

Keenam sepatu Air Jordan — masing-masing digunakan pada pertandingan final pada kompetisi tahun 1991, 1992, 1993, 1996, 1997 dan 1998 — terjual pada Jumat (2/2) lalu. Sotheby’s menyebut koleksi tersebut sebagai “Koleksi Dinasti.”

“Hadir sebagai pengingat dari dampak yang diciptakan Michael Jordan pada dunia dan wujud nyata dari status legendanya yang sudah tersohor, pengaruh [Jordan] berlanjut dengan hasil yang monumental ini,” ujar Brahm Wachter dari Sotheby’s dalam sebuah pernyataan. Wachter mengurusi bagian benda koleksi modern di rumah lelang tersebut.

Sotheby tidak mengidentifikasi pihak pembeli dan hanya menyebut penjual sebagai “seorang kolektor Amerika” yang memperoleh sepatu-sepatu itu dari seorang eksekutif tim bola basket Chicago the Bulls.

Rumah lelang itu mengatakan Jordan pertama kali memberi sang eksekutif sepasang sepatu sneaker itu setelah menang pada tahun 1991 dan kemudian meneruskan tradisi itu. Lelang tersebut juga mencakup foto-foto Jordan yang mengenakan sepatu tersebut saat ia merayakan kemenangan pada kompetisi tahun 1992, 1993, 1996 dan 1998.

Selain prestasi di lapangan, Jordan juga dikenal atas aksinya “menggoyahkan” industri sepatu olahraga dan mengubah budaya sneaker dengan bekerja sama dengan Nike untuk membuat Air Jordans di pertengahan tahun 1980-an.

Sebelumnya, sepasang sepatu yang ia kenakan di babak kedua pada partai final NBA tahun 1998 berhasil terjaul dengan harga $2.2 juta lewat rumah lelang Sotheby’s pada April lalu.

Hizbullah dan Israel Konflik, WNI di Lebanon Dievakuasi

Previous article

Manchester City Lampaui Arsenal, Rongrong Liverpool di Puncak Klasemen

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info