HealthLifestyle

Konsumsi Ini Untuk Bersihkan Darah Secara Alami

0
Perbaiki Pola Makan

STARJOGJA.COM, Darah merupakan bagian penting bagi kesehatan manusia. Darah mampu memasok zat-zat penting ke seluruh tubuh, mulai dari gula, oksigen, sampai hormon.

Oleh karena itu, darah dalam tubuh harus selalu dijaga kebersihannya. Membersihkan darah adalah cara terbaik untuk menghilangkan racun dari tubuh secara alami, sehingga menjaga kesehatan optimal.

Darah membawa oksigen dan nutrisi ke sel tubuh dan menghilangkan limbah dan polutan lainnya. Memurnikan darah sangat penting untuk menjaga organ tubuh bekerja dengan baik.

Membersihkan darah bisa dengan cara alami, diantara dengan mengonsumsi sejumlah makanan sehat ini :

Lemon

Minum jus lemon dalam keadaan perut kosong merupakan cara ideal untuk memurnikan darah dan mendetoks hati. Menurut Dr Alexander F. Beddoe, hati menghasilkan lebih banyak enzim jika seseorang mengonsumsi jus lemon.

Lemon juga mengandung vitamin C dan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan produksi glutathione, protein detoksifikasi hati.

Namun, mereka yang memiliki masalah lambung atau perutnya sensitif sebaiknya jangan minum lemon dalam keadaan perut kosong.

Kunyit

Manfaat kunyit tidak perlu diragukan lagi, terutama untuk membantu masalah pembersihan darah ini. Foto: Getty Images/iStockphoto/alexander ruiz

Kunyit memang terkenal memiliki khasiat untuk tubuh. Jenis rempah ini mengandung kurkumin, senyawa aktif yang menunjukkan sifat detoksifikasi.

Pengobatan herbal zaman dahulu juga menyebut kurkumin merupakan antioksidan alami. Kunyit juga menghasilkan enzim detoksifikasi untuk membersihkan darah.

Cara terbaik untuk meningkatkan asupan kunyit yaitu dengan meraciknya bersama teh dengan tambahan sedikit lada hitam.

Bit

Buah bit juga memiliki manfaat untuk membersihkan darah. Agen pembersih aktif dalam bit ini dapat meningkatkan kesehatan hati dan detoksifikasi darah.

Journal of Nutrition menyebut, buah bit memiliki sifat yang mampu melindungi hati. Menambah lebih banyak buah bit dalam makanan dapat meningkatkan nutrisi.

Buah bit juga memiliki efek detoksifikasi pada hati dan mengurangi peradangan.

Bawang Putih

Makan bawang putih, terutama yang mentah juga baik untuk masalah pembersihan hati. Foto: Getty Images/iStockphoto/Burhanuddin Helmi

Bawang putih mentah merupakan obat alami yang bisa membersihkan darah. Senyawa allicin didalamnya mengandung sulfur yang aktif setelah bawang putih mentah dihancurkan, dikunyah, maupun dicincang.

Menurut nermeds.com, fakta membuktikan bawang putih mampu mendetoksifikasi darah dengan melindungi hati dari zat beracun. Bawang putih juga memiliki sifat antimikroba, yang mampu memurnikan darah dan menjaga usus terbebas dari bakteri, parasit, dan virus.

Mulailah menambah bawang putih ke semua hidangan, mulai dari roti sampai sup. Kamu juga bisa mengonsumsi bawang putih yang dihancurkan dan diminum dengan air untuk detoksifikasi.

Air

Meskipun terdengar sepele, tetapi konsumsi air putih sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Hidrasi yang baik merupakan landasan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bebas racun.

Air mampu menjaga pH darah, menjaga kekentalan darah, dan mampu membersihkan racun dengan mudah. Minum air juga cukup membantu ginjal menyaring limbah dalam darah.

Pastikan setidaknya mengonsumsi 8-10 gelas air dalam sehari.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Pernak Pernik Ramadhan : Yuk Mulai Siapkan Bumbu Dasar Masakan Buat Stok Bulan Puasa

Previous article

Gelar Konferensi Internasional ICT, Ekosistem Digital BPJS Kesehatan jadi Best Practice Jaminan Sosial Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health