CulinaryLifestyle

Pernak Pernik Ramadhan : Yuk Mulai Siapkan Bumbu Dasar Masakan Buat Stok Bulan Puasa

0
Bumbu Dasar Masakan
Bumbu dasar masakan

STARJOGJA.COM, Ramadan akan tiba beberapa hari lagi. Umat muslim di Indonesia saat ini tengah menyiapkan beberapa hal agar ibadah semakin lancar.

Salah satu yang dipersiapkan adalah stok makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Bumbu dasar masakan juga bisa dijadikan stok agar proses memasak tak sulit lagi.

Bumbu-bumbu dasar yang sudah dihaluskan ini jangan langsung disimpan. Anda harus menumisnya terlebih dahulu sampai harum, lalu dinginkan. Barulah disimpan dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam kulkas.

Berikut bumbu dasar masakan yang bisa dijadikan stok agar memasak lebih praktis:

Bumbu Dasar Putih

Bumbu dasar putih termasuk bumbu dasar yang banyak digunakan pada masakan Indonesia. Cara membuat bumbu dasar putih ini juga mudah. Bahannya terdiri atas bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, dan minyak goreng.

Semua bahan tersebut dihaluskan menjadi satu, perlu diingat untuk tidak menggunakan air saat menghaluskannya. Karena, sudah ada minyak goreng sebagai cairannya.

Bumbu dasar putih ini bisa digunakan untuk membuat lodeh, opor ayam, gudeg, sayur bobor, hingga rawon. Untuk bumbu tahu dan tempe bacem juga bisa menggunakan bumbu dasar putih ini.

Bumbu Dasar Bawang

Bumbu dasar bawang juga bisa dijadikan stok selama puasa. Bumbu ini yang paling simpel dibuat, bahannya terdiri atas bawang merah, bawang putih, dan minyak goreng.

Anda bisa menggunakan bumbu dasar bawang ini untuk beragam hidangan. Di antaranya seperti mie goreng, nasi goreng, mie kuah, capcay, ayam kecap, hingga tumis sayuran.

Bumbu Dasar Kuning

Bumbu dasar kuning juga sering digunakan untuk bumbu masakan. Biasanya, bumbu dasar kuning itu digunakan dengan bahan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit bakar, ketumbar, dan minyak goreng.

Biasanya bumbu dasar kuning ini digunakan untuk ungkep ayam goreng. Anda juga bisa membumbui ikan goreng dengan bumbu dasar kuning. Bisa juga digunakan untuk membuat nasi kuning, aneka soto, pepes, pesmol, kari, acar, hingga nasi bakar.

Bumbu Dasar Merah

Bumbu dasar merah yang paling banyak digunakan untuk masakan rumahan. Terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan minyak goreng.

Anda bisa menggunakan bumbu dasar merah ini untuk masakan balado. Anda juga bisa menjadikan bumbu dasar merah ini sebagai bumbu nasi goreng yang praktis untuk sajian sahur.

Aneka gulai juga bisa menggunakan bumbu dasar merah, seperti gulai ayam, gulai daging, dan lainnya. Bumbu merah ini juga bisa untuk memasak rendang dengan tambahan santan dan rempah lainnya.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Tips Mencegah Anak Kecanduan Junk Food 

Previous article

Konsumsi Ini Untuk Bersihkan Darah Secara Alami

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary