CulinaryFeatureLifestyle

Pernak Pernik Ramadhan : Mengenal Minuman Khas Ramadan Di Mesir

0
Minuman Khas Ramadan Di Mesir
Minuman Khas Ramadan Di Mesir

STARJOGJA.COM, Berpuasa di Mesir akan menjadi pengalaman tersendiri karena perbedaan kebiasaan. Di Mesir umumnya akan dilakukan selama 15 jam hingga 17 jam setiap harinya.

Tahukah Anda, di Mesir sangat jarang orang melakukan sahur. Mereka biasanya hanya buka puasa saja dan makan lagi sebelum tidur.

Di Mesir, umat muslim yang yang berpuasa membatalkan puasanya dengan minuman, lalu sup dan kemudian makanan utama.

Sedikit berbeda dengan negara Timur Tengah lainnya, karakter dan selera orang-orang di Mesir cenderung menyukai rasa asam, namun tidak menyukai bumbu yang berlebihan dalam makanan. Pada umumnya di Mesir yang menjadi minuman favorit adalah yang rasa asamnya kuat.

Berikut ini adalah minuman berbuka puasa sekaligus termasuk minuman yang paling terkenal dan favorit di Mesir.

Sobia

Minuman yang satu ini sangat menyegarkan karena berupa minuman susu dengan rasa kelapa yang manis dan menyegarkan. Sobia sangat populer di bulan Ramadhan.

Sobia dibuat dari roti berwarna coklat, yang dikombinasikan dengan barley, rempah-rempah dan gula. Ini adalah sobia dari Arab Saudi.

Sementara resep sobia di setiap daerah cukup berbeda. Misalnya sobia di Mesir dibuat dari bahan dasar bubuk beras yang direndam, lalu dicampur dengan santan dan gula.

Uniknya sobia di Mesir menjadi minuman yang mencerminkan kebaikan dan kemurniaan.

Qamar Al-Din

Qamar Al-Din yang terasa asam ini memang disukai masyarakat Mesir ketika berbuka puasa.  Minuman ini terbuat dari buah apricot yang asam, layaknya membuat jus buah lainnya. Minuman ini juga menyebar ke negara Timur Tengah dan Afrika Utara lainnya.

Tamar Hindi

Tamar Hindi adalah minuman yang terbuat dari Tamarind atau asam jawa dan tentunya sangat asam. Minuman ini mendapat pengaruh dari kebudayaan India.

Tamar Hindi dibuat dengan mencampurkan asam yang telah dihancurkan, lalu ditambahkan gula dan jus lemon. Campuran ini memiliki rasa yang tajam. Anda bisa menemukannya dengan mudah yang dijual oleh pedagang keliling di Mesir.

Karkadé

Karkade adalah minuman yang terbuat dari kelopak  bunga Rosella atau hibiscus. Minuman ini memiliki tekstur yang dibuat dengan kental . Rasanya seperti jus cranberry meski tidak terlalu asam.  Seringkali ini disebut sebagai teh-nya orang Mesir.

Erk Soos

Erk Soos adalah minuman tradisional yang terbuat dari extrak Liquorice atau Akar Manis. Rasanya cukup pahit dengan sedikit rasa manis. Biasanya Er Soos disukai oleh orang Mesir saja, khususnya  generasi tua.

Masih banyak penduduk asli yang merasa bahwa ketika musim panas dan penjual Erk Soos tidak melewati rumahnya akan terasa aneh dan seperti ada yang hilang.

Qasab

Qasab sederhananya dikenal sebagai Jus Tebu. Di Mesir jus tebu berasal dari 100% perasan tebu. Minuman ini umumnya diminum jika berbuka puasa saat diluar rumah atau dalam perjalanan saja.

Baca juga : Star Insight Januari 2024

Best City Hotel Punya IKN di Sepanjang Ramadhan

Previous article

Stok Darah PMI DIY, Rabu 13 Maret 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary