Kota JogjaNews

Taman Perwira Lembah Code Pengungkit Perekonomian di Prawirodirjan

0
Taman Perwira Lembah Code

STARJOGJA.COM, JOGJA – Taman Perwira Lembah Code Jadi Pengungkit Perekonomian di Prawirodirjan. Taman yang diresmikan pada Sabtu (16/03) ini menjadi salah satu produk penataan kawasan kumuh di sekitar bantaran sungai. Ini merupakan fasilitas umum (fasum) yang keberadaannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menyampaikan citra perkampungan pinggiran sungai yang biasanya kotor, kumuh serta tidak terawat ditepis melalui pemanfaatan kawasan lembah Sungai Code menjadi taman ataupun Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) seperti halnya dengan kehadiran Taman Perwira di Kelurahan Prawirodirjan.

“Ini kawasan yang bagus dan punya daya tarik luar biasa karena biasanya kan citra dari kawasan pinggir sungai itu kotor dan tidak tertata, tapi ini sudah disulap menjadi Taman Perwira sebagai ruang publik yang bisa digunakan masyarakat untuk berbagai aktivitas,” jelas Singgih saat meresmikan fasum ini sekaligus membuka kegiatan Pasar Sore Ramadan.

Singgih mengatakan selain pemanfaatan Taman Perwira sebagai tempat untuk joging, bersepeda ataupun aktivitas olahraga lain juga bisa dikembangkan untuk kegiatan perekonomian masyarakat seperti yang dilakukan pada momen kali ini melalui Pasar Sore Ramadan.

“Kehadiran UMKM kuliner di sekitar bisa menjadi daya tarik tersendiri, yang penting jaga lingkungan dan kebersihan sungai. Ke depan kami harap dari Kelurahan ataupun wilayah bisa menggerakkan ekosistem yang sudah ada ini diikuti dengan keramah tamahan masyarakatnya. Kemudian dikembangkan dengan narasi yang menampilkan potensi apa saja yang dimiliki. Sehingga bisa menjadi satu destinasi yang bisa dikunjungi wisatawan maupun masyarakat sekitar,” katanya.

Sementara itu, Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan Cahya Wijayanta menyatakan pembuatan Taman Perwira merupakan sebuah rangkaian panjang, yang menjadi bagian dari penataan kawasan pinggiran sungai untuk merepresentasikan wajah Kota Yogya yang cantik dan menarik.

“Kehadiran taman disambut dengan sangat antusias oleh warga, karena ini juga menjadi ikon pengungkit kesejahteraan di wilayah yang kedepannya juga akan dikembangkan melalui berbagai even rutin. Sehingga kegiatan ekonomi, sosial dan budaya di sekitar dapat berjalan optimal dengan menggandeng komunitas hobi untuk menghadirkan kegiatan edukatif dan rekreatif bagi warga,” terangnya.

Rusdi Haryanto, Lurah Prawirodirjan, mengatakan taman ini diberi nama Taman Perwira Lembah Code karena dalam proses pengerjaannya perlu effort kerja yang luar biasa dari semua pihak.

Sementara itu salah satu warga Kelurahan Prawirodirjan yang juga menjadi pedagang makanan di Taman Perwira, Fitri menyambut baik dengan adanya RTHP di Lembah Sungai Code.

“Pastinya merasa senang ya karena anak-anak bisa main di taman, sekaligus bisa juga untuk kegiatan perekonomian warga sekitar. Semoga semakin banyak even rutin yang diadakan, jadi bisa menambah peluang untuk mendatangkan rezeki juga,” ungkapnya.

Jadwal Pemadaman Listrik DIY, Senin 18 Maret 2024

Previous article

STAYC Bawakan Lagu “FANCY” dari TWICE di Spotify K-Pop ON!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja