CulinaryJogjaKULifestyleUniknya Jogja

Pernak Pernik Ramadhan : Jadah Manten, Kudapan Gurih untuk Seserahan Pernikahan Adat Jawa

0
Jadah Manten khas Yogyakarta 1
Jadah Manten khas Yogyakarta

STARJOGJA.COM, Jadah Manten. Jajanan khas ini layak menjadi hidangan pembuka (takjil) yang orang belum tentu mengenalnya.

Makanan berbahan dasar beras ketan ini sekilas memiliki komposisi yang mirip seperti lemper, hanya saja bentuk penyajiannya dibuat berbeda. Jadah manten memiliki komposisi bahan seperti beras ketan, santan, daging ayam atau sapi sebagai isian.

Setelah beras ketan dan santan dikukus hingga matang, adonan kemudian diberi isian cacahan daging ayam atau daging sapi yang sudah diberi bumbu-bumbu kemudian dibungkus dengan kulit dadar. Setelah itu kemudian adonan dilipat dan dijepit dengan tangkai bambu.

Pada ujung tangkai bambu tersebut disematkan potongan kacang panjang atau buncis yang berfungsi sebagai pengunci jepitan. Langkah terakhir adalah membakar jadah manten yang sudah dijepit dengan tangkai bambu tersebut di atas bara arang hingga mengeluarkan aroma yang khas.

Jadah Manten memiliki rasa yang gurih, perpaduan antara campuran santan serta isian daging di dalamnya.

Panganan ini dahulu merupakan cemilan kegemaran Sultan Hamengku Buwono VIII. Dalam perkembangannya, tak hanya kalangan yang tinggal di dalam keraton saja yang dapat menikmati makanan bercita rasa gurih ini, masyarakat luas yang berada di luar keraton pun akhirnya dapat menikmatinya pula.

Jadah Manten biasanya disajikan ketika ada acara pernikahan. Makanan ini biasanya dibawa oleh pihak pengantin laki-laki saat bertemu dengan mempelai perempuan. Jadah manten biasanya diisi dengan daging ayam atau sapi dan dimasak dengan dibakar atau dipanggang di atas api. Aroma yang keluar dari bakaran jadah ini sangat harum

Jadah Manten sendiri memiliki makna agar kedua mempelai yang melangsungkan pernikahan dapat awet dan senantiasa lengket, seperti sifat dan tekstur dari olahan jadah tersebut.

Bagi yang penasaran dengan rasa dari olahan Jadah Manten ini, tak perlu harus menunggu ada acara pernikahan karena anda dapat menemukan jajanan tradisional ini di Pasar Kotagede, khususnya di lapak pedagang yang menjual aneka jajanan pasar.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

“Alien: Romulus” Siap tayang di bioskop di Agustus 2024

Previous article

Ini Cara Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat dan Cerah Selama Puasa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary