HealthLifestyle

Manfaat Konsumsi Madu Saat Ramadhan

0
Manfaat Konsumsi Madu Saat Ramadhan

STARJOGJA.COM, Madu bisa menjadi produk makanan dan minuman yang baik bagi kesehatan, khususnya saat sedang berpuasa. Saat bulan puasa, tubuh membutuhkan madu dan  cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.

Berbagai upaya dilakukan oleh banyak orang, untuk menunjang kesehatan saat berpuasa. Mengingat banyaknya larangan makanan dan minuman, membuat umat muslim yang berpuasa berhati-hati memilih makanan yang tidak membuat tubuh terasa lemas.

Jika salah memilih, tubuh Anda akan merasa lemas dan tidak bersemangat dalam menjalani puasa. Berikut manfaat mengonsumsi madu saat berpuasa, yaitu:

Sebagai anti inflamasi

Selain itu, madu juga memiliki manfaat anti inflamasi yang baik untuk pencernaan. Cukup konsumsi madu satu sendok setiap harinya sebelum berpuasa, maka enzim akan bekerja melalui tenggorokan hingga ke dalam usus besar.

Menjaga kualitas tidur

Konsumsi madu bersama satu gelas air sebelum waktu tidur, dalam membantu menjaga kualitas tidur dan memperbaiki sistem pemulihan pada tubuh Anda. Saat terbangun, tubuh Anda akan jauh terasa lebih ringan dan nyaman karena adanya asupan madu yang membantu sistem kerja pada tubuh.

Kaya akan kandungan enzim, gula alami, vitamin, dan mineral Madu diperkaya dengan enzim, gula alami, fitonutrien, vitamin, dan mineral yang baik bagi pembentukan antibodi serta antiseptik pada tubuh. Komponen utama yang berasal dari glukosa, fruktosa, dan air membuat tubuh Anda terasa lebih berenergi dan mampu menjalani puasa hingga berjam-jam.

Menjaga kadar gula di dalam darah

Gula alami yang dimiliki oleh madu sama halnya dengan kandungan kurma. Aman dikonsumsi bagi penderita diabetes apabila yang dikonsumsi adalah madu murni. Kandungan gula alami inilah yang akan menjadi sumber energi pada tubuh sekaligus membantu menjaga kadar gula dalam darah yang berlebih.

Memperlancar sistem pencernaan

Sebagian orang sering mengeluh ketika berpuasa, perut mengalami rasa kembung dan perubahan pada saat buang air besar. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan cara konsumsi madu dengan air saat sahur. Konsumsi madu akan membuat perut terasa kenyang lebih lama dan cukup untuk menahan rasa lapar selama menjalani puasa.

Menjaga kesegaran tubuh

Minum air madu dalam keadaan perut kosong, seperti saat sahur dan berbuka, akan membuat tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Pada proses ini, madu akan mengisi kembali nutrisi yang penting dan membantu tubuh untuk tetap merasa rileks setiap harinya.

Membantu kinerja otak

Madu juga dapat membantu kinerja otak, terutama dalam melepaskan hormon tidur melatonin yang membuat tubuh Anda terlelap saat tidur. Efek yang diberikan dari konsumsi madu akan merangsang kinerja otak untuk menetapkan waktu yang tepat untuk beraktivitas dan beristirahat.

Konsumsi madu sangat diperlukan saat puasa untuk mengembalikan energi, menjaga pola tidur, dan melancarkan sistem pencernaan tubuh. Namun, penggunaanya harus disesuaikan dan didukung oleh konsumsi makanan serta minuman lain.

Disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur sehat sehat untuk menjaga sistem pencernaan pada tubuh.

Selain madu, Anda juga dapat konsumsi kurma dalam jumlah yang ganjil untuk membantu membangun energi selama berpuasa.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Sumber :  Bisnis.com

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem, 9 Wilayah Siaga-Waspada

Previous article

Pilih Mana, Apel Merah Atau Apel Hijau?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health