Lifestyle

Pilih Mana, Apel Merah Atau Apel Hijau?

0
apel

STARJOGJA.COM, Apel merupakan salah satu buah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sebab, apel kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Ada banyak jenis-jenis apel yang dijual di pasaran. Namun, pada umumnya masyarakat membedakannya dari segi warna, yakni apel merah dan apel hijau.

Meski sama-sama apel, tetapi apel merah dan apel hijau memiliki kandungan nutrisi yang sedikit berbeda. Lantas, lebih sehat apel merah atau apel hijau? Biar nggak penasaran, simak pembahasannya dalam artikel ini.

Lebih Sehat Mana?

Sebagian orang meyakini kalau apel merah lebih baik daripada apel hijau. Namun, beberapa masyarakat justru percaya sebaliknya. Hal ini kerap menjadi perdebatan ketika ingin membeli apel di pasar atau toko buah.

Mengutip Times of India, sebenarnya baik apel merah maupun apel hijau sama-sama mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Kedua jenis apel ini mengandung antioksidan tinggi, pektin, flavonoid, dan quercetin.

Sejumlah nutrisi tersebut mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif serta mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti jantung dan hati kronis.

Apel juga termasuk salah satu buah yang rendah serat dan kalori. Alhasil, apel sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Meski begitu, memang ada sejumlah perbedaan kecil antara apel merah dan apel hijau, terutama dari segi kandungan nutrisinya.

Dilansir Only My Health, apel hijau mengandung sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K yang lebih baik daripada apel merah. Selain itu, apel hijau juga mengandung lebih banyak zat besi, kalium, serta protein dibandingkan apel merah.

Baik apel merah dan apel hijau memiliki jumlah serat yang sama. Tetapi, apel hijau 10 persen lebih rendah kalori dan karbohidrat ketimbang apel merah.

Menurut sejumlah penelitian, apel hijau lebih baik dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang diet. Apabila detikers ingin mencoba mengurangi asupan gula, maka disarankan untuk mengkonsumsi apel hijau.

Perlu diketahui, kandungan gula pada apel merah sedikit lebih tinggi daripada apel hijau. Namun jangan khawatir, sebab gula pada apel merah merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

Selain itu, kandungan zat beta karoten pada apel merah lebih tinggi sekitar 50 persen daripada apel hijau. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh warna apel. Sedikit informasi, warna kulit pada apel merah disebabkan oleh pigmen khusus yang disebut antosianin.

Kesimpulannya, baik apel merah dan apel hijau memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama. Meski apel hijau dinilai lebih kaya gizi, namun bukan berarti apel merah jadi dianggap sebelah mata.

Sederhananya, jika ingin mendapatkan asupan antioksidan tinggi maka disarankan mengkonsumsi apel merah. Apabila ingin menurunkan berat badan sebaiknya konsumsi apel hijau. Tapi, tidak ada salahnya juga untuk mengkonsumsi kedua jenis apel tersebut karena sama-sama sehat.

Manfaat Apel Merah dan Apel Hijau

Karena kandungan nutrisinya tak jauh berbeda, maka manfaat yang didapat dari apel merah dan apel hijau juga hampir sama. Sejumlah manfaat dari kedua jenis apel tersebut di antaranya:

  • Membantu melancarkan sistem pencernaan
  • Meredakan sembelit
  • Mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus
  • Dapat menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kesehatan fungsi paru-paru.

Demikian perbedaan antara apel merah dan apel hijau dari segi kandungan gizi dan nutrisinya. Agar lebih sehat, perbanyak makan buah-buahan ya!

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Manfaat Konsumsi Madu Saat Ramadhan

Previous article

Tips Ramadhan Sehat : Kenyang Lebih Lama Dengan Menu Sahur Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle