Lifestyle

Mengenal QRIS dan Manfaatnya untuk UMKM

0

STARJOGJA.COM, Di era digitalisasi saat ini, makin marak penggunaan e-money baik untuk transaksi online maupun offline. Salah satu cara yang populer dan praktis digunakan saat ini adalah QRIS. Metode ini tidak hanya digunakan untuk transaksi di kota, namun saat ini juga sudah biasa dilakukan di mana saja.

Dan tentunya, teknologi ini memberikan banyak manfaat yang bisa mendukung bisnismu. Jika Anda belum pernah mendengarnya, akan kita bahas terkait hal itu lebih lanjut di artikel ini. Saat membahas tentang jenis transaksi, pasti tidak lepas dari jenis usaha yang menggunakan fitur ini.

Saat ini UMKM juga sudah mulai menggunakan metode pembayaran ini untuk transaksi. Seberapa penting perannya untuk UMKM? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal QRIS

Sebelum membahas lebih jauh tentang penggunaannya untuk UMKM, ada baiknya bila kita mengetahui dulu apa itu QRIS.

Memiliki kepanjangan Quick Response Code Indonesian Standard, di dalamnya tersedia Kode QR yang menjadi alat utama dalam bertransaksi. Dalam kode ini, terdapat matriks unik yang bisa langsung menghubungkan dengan akunmu.

Untuk para pengelola usaha, Anda hanya perlu membuka rekening bank yang tergabung dalam sistem QRIS yang memiliki izin dari BI.

Ketentuan Penggunaan Kode QR

Anda dapat menggunakanya untuk 2 jenis pembayaran yang berbeda, yaitu dengan metode Customer Presented Mode (CPM) dan Merchant Presented Mode (MPM). Implementasi ini ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya, kode QR ini mulai dipakai sebagai alat transaksi. Dengan menggunakannya, Anda bisa melakukan transaksi dengan cepat dan non-tunai.

Berikut ini adalah manfaat untuk UMKM:

Transaksi yang Mudah

Saat Anda menggunakan standar kode QR Nasional ini, maka akan lebih mudah untuk usahamu karena Anda hanya memerlukan 1 kode QR saja. Ini bisa mempercepat proses transaksi karena Anda tidak perlu repot memikirkan uang kembalian. Dan tentunya, ini bisa menghindari antrian.

Anda juga tidak perlu mendaftar ke berbagai bank, cukup 1 akun dan Anda bisa menggunakan untuk berbagai jenis transaksi.

Sebagai Alternatif Pembayaran

Di jaman yang makin mudah seperti sekarang ini, banyak konsumen yang tidak suka membawa uang tunai. Alternatif pembayaran ini, maka Anda tidak perlu membawa uang tunai lagi. Anda bisa membayar melalui e-wallet secara digital.

Dengan cara ini, usaha milik Anda akan makin menarik minat pembeli, baik yang ingin membayar secara tunai maupun non-tunai.

Meminimalisir Peredaran Uang Palsu

Dengan menggunakan QRIS, tentunya bisa otomatis mencegah penggunaan uang palsu karena semuanya menggunakan sistem digital.

Anda juga akan lebih mudah untuk mencatat transaksi karena sudah tersimpan di data base. Anda tidak perlu menyimpan dan mencatat secara manual.

Bagian dari Merchant

Hal paling menguntungkan dan memudahkan dari penggunaan kode QR Indonesia ini adalah Anda tidak perlu mendaftar satu per satu ke bank.

Cukup mendaftar QRIS 1 kali dan Anda bisa menerima semua jenis pembayaran dengan mudah.

Mudah untuk Dianalisis

Teknologi dalam kode QR standar Nasional ini membuat Anda bisa mengakses detail histori dari semua transaksi Anda. Ini juga akan lebih memudahkan karena semuanya terpantau secara real time.

Dengan segala keuntungan dan manfaat yang sudah disebutkan diatas, pasti Anda ingin mencoba memakai QRIS untuk UMKM Anda bukan?

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Sumber : Amarta.com 

Pernak Pernik Ramadhan : Sup Harira, Makanan Wajib Masyarakat Maroko untuk Berbuka Puasa

Previous article

Tanda HP dan Laptop Akan Meledak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle